MAN 2 Kudus Menggelar Upacara Hari Guru Nasional 2022

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022 pada Jumat (25/11/2022) di lapangan setempat. Hadir dalam upacara Kepala Tata Usaha, para pendidik dan tenaga kependidikan, serta semua siswa kelas X sampai kelas XII. Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. dan Waka Kurikulum Azhar Latif, S.T. berhalangan hadir karena mengikuti pameran riset nasional di Jakarta mewakili provinsi Jawa Tengah.

Upacara Hari Guru adalah upacara yang istimewa, karena semua petugas upacara adalah para pendidik dan tenaga kependidikan. Semua petugas dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik dan hidmat. Tidak terkecuali paduan suara beranggotakan bapak ibu pendidik dan tenaga kependidikan yang tampil memukau menyanyikan lagu Mars PGRI dan lagu daerah Tul Jaenak. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ranting MAN 2 Kudus Drs. H. Supriyanto.

Dalam sambutannya pembina upacara menyampaikan amanat Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. Dalam amanatnya Menag menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Hari Guru Nasional Tahun 2022 mengangkat tema “Berinovasi Mendidik Generasi”. Kata inovasi menjadi kunci. Sebab, para peserta didik adalah anak zamannya yang harus dibekali sesuai tantangan eranya. Sudah semestinya dan memang keharusan bagi setiap guru untuk terus berinovasi dalam mendidik generasi. Menteri Agama beserta seluruh  jajaran Kementerian Agama akan terus berupaya agar para guru pejuang bangsa, mendapatkan fasilitas semestinya sehingga dapat terus menjalankan tugas terbaiknya.

“Guru bukan orang hebat, tetapi semua orang hebat lahir atas jasa guru. Guru adalah pengganti orang tua siswa dalam mendidik sewaktu siswa berada di madrasah, untuk itu hendaknya semua siswa selalu hormat pada guru, mematuhi perintahnya, menyayanginya dan mendoakannya; sebagaimana yang dilakukan seorang anak kepada bapak ibunya di rumah”, pesan pembina upacara.

Di akhir upacara siswa MAN 2 Kudus memberikan persembahan untuk para guru dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dan beberapa lagu nasional dengan diiringi musik drumband. Suasana sangat meriah, seluruh siswa turun di lapangan ikut bernyanyi, spanduk panjang warna hitam bertuliskan “Happy Teaches Day” dibentangkan, serta gas warna warni diletupkan ke atas. Beberapa siswa perwakilan OSIS maju kedepan memberikan kue tart ulang tahun dan rangkaian bunga kepada pembina upacara.

Seusai upacara para pendidik dan tenaga kependidikan mengadakan tasyakuran dan doa bersama di auditorium MAN 2 Kudus. Sambil menikmati hidangan makanan, para guru dihibur dengan nyanyian lagu-lagu dari “Band Sin” group band siswa. Para wali kelas dan banyak guru mapel yang menerima hadiah dari siswa sebagai ucapan terima kasih dan tanda cinta.

Selamat Hari Guru Nasional 2022. Guru, engkau bagai pelita dalam kegelapan, engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan, engkau patriot pahlawan bangsa membentuk insan cendekia.

5/5 (43)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *