MAN 2 Kudus Gelar Salat Gaib Berduka Atas Tragedi Gempa di Cianjur

Kudus – Siswa dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menggelar salat gaib dan doa bersama di Mushola Nurul Iman milik madrasah, Selasa (22/11/2022). Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian atas tragedi gempa yang terjadi di Cianjur yang memakan korban nyawa lebih dari dua ratus orang. Dalam tragedi gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang sebenarnya tidak terlalu besar. Namun, gempa bermagnitudo 5,6 itu menimbulkan kerusakan signifikan karena berjenis tektonik kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.

Doa bersama dan salat gaib ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 10 sampai kelas 12. Keseluruhan jumlahnya ada sekitar 1.265 siswa yang melakukan salat gaib di Mushola Nurul Iman.

Sebelum salat gaib para guru dan siswa melaksanakan salat dhuhur berjamaah yang merupakan salah satu program keagamaan rutin di MAN 2 Kudus. Kemudian dilanjutkan dengan salat gaib dan doa bersama.

Kepala MAN 2 Kudus, Shofi, mengatakan, apa yang pihaknya lakukan merupakan bentuk kepedulian dan penghormatan kepada korban yang meninggal atas tragedi gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin lalu (21/11/2022).

“Guru dan siswa MAN 2 Kudus melakukan doa bersama dan salat gaib ini adalah bentuk kepedulian MAN 2 Kudus kepada mereka yang tertimpa musibah meninggal dunia, mudah-mudahan diampuni dosa-dosanya dan amal mereka diterima di sisi Allah. Untuk korban yang sakit dan masih dirawat mudah-mudahan lekas sembuh, serta untuk seluruh keluarga korban diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah,” kata Shofi.

Doa bersama berikut salat gaib ini merupakan amalan lazim yang dilakukan oleh MAN 2 Kudus. Biasanya dilakukan saat ada terjadi musibah. Ini merupakan bentuk kepedulian dan simpati secara sosial keluarga besar MAN 2 Kudus kepada korban bencana.

Pada hari yang bersamaan juga dilakukan penggalangan dana dari guru dan siswa untuk korban gempa di Cianjur yang dimotori oleh pengurus OSIS, Irmush (Ikatan Remaja Mushola) dan PMR (Palang Merah Remaja) MAN 2 Kudus. Semua dana yang terkumpul rencananya akan disumbangkan untuk korban gempa di Cianjur, dengan harapan bisa meringankan penderitaan korban gempa di Cianjur.  Barokalloh.

5/5 (46)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *