MAN 2 Kudus Adakan Tes Penerimaan Peserta Didik Unggul Tahun Pelajaran 2024/2025

Kudus – MAN 2 Kudus mengadakan Tes Seleksi Penerimaan Peserta Didik Unggul (PPDU) Tahun Pelajaran 2024/2025 di kampus MAN 2 Kudus. Lebih dari seribu calon peserta didik bersama orang tua datang memadati kampus MAN 2 Kudus yang beralamat di Prambatan Kidul, Kaliwungu, Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 25 Februari 2024 mulai jam 07.40 sampai selesai.

Dalam pelaksanaannya, jumlah peserta yang mengikuti tes seleksi PPDU tahun ini mencapai 1058 orang dari lulusan MTs dan SMP. Peserta tes tidak hanya berasal dari kota Kudus, Demak, Jepara, Pati, dan sekitarnya; tetapi juga dari kota-kota lainnya seperti Semarang, Solo, Kendal, Tegal, Magelang, dan Pekalongan. Bahkan  ada juga peserta tes yang berasal dari luar provinsi, seperti Jombang, Tuban, Surabaya, Malang, Bantul, Bogor, dan Jakarta. MAN 2 Kudus yang mempunyai segudang prestasi baik akademik maupun non akademik, serta banyak lulusannya yang diterima di perguruan tinggi favorit, merupakan magnet utama pilihan dari orang tua dalam memasukkan anaknya ke MAN 2 Kudus.

Pada tahun pelajaran 2024/2025 MAN 2 Kudus menerima peserta didik unggul Persiapan Kelompok Mata pelajaran MIPA BCS Sains Boarding 2 kelas, BCS Sains Non Boarding 2 kelas, dan BCS Sains Tahfidz Mitra Pondok 1 kelas. Juga Persiapan Mata Pelajaran Kelompok IPS BCS Sosial Boarding 1 kelas dan BCS Sosial Non Boarding 1 kelas.

Materi Tes untuk MIPA dan IPS adalah TPA (Tes Potensi Akademik) dari Japsi (Jasa Psikologi) Universitas Diponegoro Semarang, yang telah tiga tahun bekerjasama dengan MAN 2 Kudus. Ditambah materi tes Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang meliputi IPA/IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk BCS Sains Tahfidz Mitra Pondok ditambah tes hafalan Al Qur’an.

Kegiatan tes seleksi PPDU ini langsung dibuka secara resmi oleh Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. Dalam sambutannya Kamad mengucapkan selamat datang kepada semua peserta tes PPDU, semoga bisa membawa manfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Kudus. Pada PPDU tahun ini terjadi dua perubahan, yaitu naiknya jumlah peserta tes dari tahun lalu 975 peserta menjadi 1.058 peserta, serta perubahan tes TPA dari dua tahap menjadi satu tahap. MAN 2 Kudus akan mengemban amanah dari masyarakat dengan sebaik-baiknya serta selalu menjaga integritas dan mutu.

Pengumuman hasil seleksi PPDU akan dilaksanakan pada hari Sabtu 2 Maret 2024 pukul 09.00 WIB dan melalui tautan http://psb.man2kudus.sch.id. Untuk pertemuan orang tua/wali peserta didik akan diadakan pada hari Selasa sampai Rabu, 5 – 6 Maret 2024.

4.86/5 (35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *