Pj Bupati Kudus Resmikan Perpustakaan Harun Al Rasyid

Kudus –  Pejabat (Pj) Bupati Kudus meresmikan Perpustakaan Harun Al Rasyid di MAN 2 Kudus pada Senin 18 Desember 2023. Kegiatan peresmian dilaksanakan di Hall lantai 4 Laboratorium Riset Terpadu MAN 2 Kudus. Hadir dalam acara Kasi Penmad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus Dr Hj Salma Munawaroh M.Pd.I, Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan, S.STP., M.M., Kepala Desa Prambatan Kidul Sutopo Hadi Prasetio, S.H., Ketua Komite MAN 2 Kudus Drs. H. Munaji Aji Negoro, dan seluruh jajaran GTK MAN 2 Kudus.

Pj Bupati Kudus, Bergas C Penanggungan S.Sos, M.Si. yang meresmikan perpustakaan mengapresiasi hadirnya perpustakaan di MAN 2 Kudus yang menjadi pusat ilmu pengetahuan bahkan bisa menjadi role model. Keberadaan perpustakaan pada sekolah atau madrasah yang ideal bisa menjadi bagian penting untuk menunjang belajar siswa. Salah satunya adalah Perpustakaan Harun Al-Rasyid MAN 2 Kudus yang memiliki koleksi lengkap dan fasilitas mumpuni.

“Hari ini kami meresmikan Perpustakaan Harun Al Rasyid yang merupakan bagian dari sarana menambah keilmuan. Melalui ini, semua dasar ilmu di MAN 2 Kudus terus berkembang,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, dengan adanya peresmian ini menjadi sarana peningkatan SDM. Pihaknya mengatakan, perpustakaan tersebut membanggakan dan bisa menjadi tempat pembelajaran.

“Kami sadar betul bahwa perkembangan dunia adalah sebuah tantangan. Maka anak-anak dengan lingkungan yang hebat akan menjadi hebat. Dan yang pasti seleksi alam terus berjalan,” katanya.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. mengatakan, peresmian perpustakaan ini tentu di antaranya bertujuan untuk memperbanyak ilmu dengan membaca. Perlu bagi siswa pada era milenia ini untuk selalu meningkatkan minat baca dan literasi guna meningkatkan wawasan dan keilmuannya.

“Kami mendapatkan skor nilai 93.5 akreditasi perpustakaan kemarin. Maka kehadiran Bapak Pj Bupati menjadi motivasi bagi kami untuk terus maju,” katanya.

Dijelaskan dia, gedung layanan perpustakaan ini yang menelan biaya 1,3 M rupiah dari dana komite nantinya tidak hanya menjadi fasilitas yang dipergunakan oleh para siswa MAN 2 Kudus. Melainkan juga dimanfaatkan untuk anak-anak atau siswa dari madrasah lainnya. Lebih lagi ditambah kemudahan sistem digitalnya.

“MAN 2 Kudus diharapkan tidak hanya terkenal nasional tetapi go internasional. Bahkan menjadi pusat perhatian orang. Sebab hampir semua madrasah studi banding di sini. Maka kami juga ingin meningkatkan MAN 2 Kudus menjadi mall pelayanan. Dalam artian semua fasilitas madrasah kita cukupi,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perpustakaan Harun Al Rasyid, Erni Naily Muna Kurniawati, S.Pd. mengaku lega atas diresmikannya perpustakaan milik MAN 2 Kudus itu. Pihaknya mengaku proses dalam akreditasi juga cukup panjang. Dia bersama timnya berusaha semaksimal mungkin memenuhi kekurangan yang ada.

“Banyak fasilitas yang menjadi unggulan. Misalnya kemudahan pelayanan digital, riset corner, pohon barcode, ebook online, podcast room, cafe, hingga sistem perpustakaan jemput bola,” paparnya.

Erni membeberkan, perpustakaan milik MAN 2 Kudus juga telah bekerja sama dengan berbagai universitas dalam layanan akses jurnal. Yang terbaru, kata dia, ada kanal kids corner.

“Karena banyak madrasah yang melakukan studi banding ke sini. Perpustakaan juga harus meningkatkan kualitas karena menjadi jujugan. Kami berharap, Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus menjadi perpustakaan role model yang bisa memberikan manfaat bagi pemustaka, siswa-siswi dan harapannya melebar ke pemustaka lainnya,” pungkasnya.

Sukses selalu untuk MAN 2 Kudus, semakin maju untuk memberikan manfaat lebih pada masyarakat.

5/5 (38)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *