Enchantia dan Gelar Karya P5P2RA MAN 2 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menggelar karya bertajuk Enchantia dan Gelar Karya Kewirausahaan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rohmatan Alamin (P5P2RA). Kegiatan ini di selenggarakan pada tanggal 14 – 16 Desember 2023 di lapangan MAN 2 Kudus dan terbuka untuk umum. Pembukaan pada hari pertama dimulai pukul 08.30 oleh kepala MAN 2 Kudus dengan pengguntingan pita dilanjutkan kunjungan stan bersama bapak ibu guru dan tenaga kependidikan MAN 2 Kudus. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya membekali peserta didik untuk memahami konsep dan menanamkan jiwa wirausaha sejak dini. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik mampu memanfaatkan peluang dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan madrasah yang berwawasan kewirausahaan.

Kegiatan Gelar Karya diprakarsai oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 2 Kudus dengan mengambil tema “Enchantia” yang berarti pesona yang bermakna siswa MAN 2 Kudus itu penuh pesona. Kegiatan ekspo tahun ini seperti tahun lalu menggunakan lapangan MAN 2 Kudus yang kapasitas tempat lebih luas dan representatif. Ditata dengan lebih baik, lebih megah, dan mewah.

Kegiatan Enchantia ini menyajikan banyak karya, dan inovasi terbaik dari perwakilan tiap kelas dengan desain dan konsep sesuai kreativitas kelas masing-masing. Masyarakat umum pun dapat menikmati dan membeli produk-produk yang dihasilkan mereka, baik produk boga atau kuliner maupun non boga. Selain itu kegiatan ini juga diwarnai dengan berbagai sajian hiburan, seperti tari, band guru dan band siswa, fashion show, dan tampilan-tampilan menarik lainnya sehingga kegiatan ini berlangsung sengan semarak.

Kegiatan Enchantia juga didukung dengan gelar hasil karya P5P2RA sebagai implementasi kurikulum merdeka yang dilaksanakan peserta didik kelas X dan XI. Kegiatan ini terbagi menjadi dua kelompok dengan mengusung produk olahan berupa produk boga atau kuliner dan non boga. Setiap kelas disedikan satu tenda untuk memamerkan dan memajang produk yang dihasilkannya.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag., sangat gembira dengan ide kreatif OSIS MAN 2 Kudus, para guru, dan para pembimbing atau fasilitator yang telah merancang konsep, pengawalan pelaksanaan dan hasil karya. Beliau juga mengucapkan terima kasih pada para sponsor yang ikut mendukung terselenggaranya acara ini. Harapan Beliau, kegiatan ini bisa dilaksanakan tiap tahunnya dengan kreativitas dan kualitas yang lebih baik lagi. Jiwa kewirausahaan memang sudah semestinya ditanamkan pada semua peserta didik.

5/5 (39)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *