Profil Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus

Berita – Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus merupakan pusat pembelajaran dan literasi yang nyaman, aman dan menyenangkan. Harun Al Rasyid adalah nama seorang tokoh Islam yang gemar mencintai ilmu pengetahuan yang kemudian dipilih menjadi nama perpustakaan MAN 2 Kudus. Didirikan pada tanggal 30 Mei 2023 bersertifikat nomor 385 tahun 2023 dengan nomor NPP 3319011E2000003.

Perpustakaan Harun Al Rasyid mempunyai letak yang strategis dan mudah diakses oleh seluruh pemustaka di MAN 2 Kudus, menjadikan Perpustakaan Harun Al Rasyid sebagai magnet pusat pembelajaran yang ideal. Memiliki bangunan seluas 538 m2, dengan berbagai ruangan dan fasilitas yang juga dekat dengan kantin dan musholla.

Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus mempunyai visi dan misi serta tujuan yang jelas. Seluruh tenaga Perpustakaan juga telah memenuhi kualifikasi guna memaksimalkan pelayanan dan manajerial perpustakaan yang unggul. Koleksi buku Perpustakaan Harun Al Rasyid sejumlah 9300 buku, 11 jenis sumber referensi, 191 judul, 303 eksemplar, 727 judul KTI, dan 15 karya khusus tenaga pendidik untuk menunjang semua jenis penelitian, karya tulis dan riset. Semuanya terintegrasi dengan aplikasi SlimS Bulian serta koleksi buku digital melalui aplikasi Perpustakaan MAN 2 Kudus yang terhubung dengan Kubuku. Dilengkapi dengan koleksi tiga harian surat kabar dan dua majalah secara rutin untuk selalu update informasi terkini.

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus menyediakan aplikasi pengunjung secara online, kunjungan online dapat diakses dimanapun berada. Kunjungan secara online dapat diakses oleh warga MAN 2 Kudus dengan cara mendownload aplikasi perpustakaan MAN 2 Kudus melalui gaway masing-masing, dan memasukkan username dan password yang telah terdata di perpustakaan. Dengan adanya aplikasi pengunjung online dapat meningkatkan kemudahan dan kecintaan para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan terhadap budaya minat baca, memperkaya pengalaman belajar selain di ruang kelas, menanamkan kebiasaan belajar mandiri dan belajar sepanjang hayat, serta mempercepat penguasaan materi pelajaran yang disampaikan.

Peningkatan kualitas pelayanan juga dilakukan dalam menunjang pengembangan prestasi, meliputi Bimbingan Olimpiade, Podcast Literasi, Classical Library, Duta Literasi, Kunjungan Wisata Edukasi, QR Code, Gebyar MURI, Panggung Ekspresi, Kantin Perpustakaan, dan Outdoor Caffe Library.

Bukti nyata dari itu, Perpustakaan Harun Al-Rasyid menjadi perpustakaan terbaik dalam penyusunan antologi puisi dan jumlah koleksi terbanyak terbitan Airlangga. Menjuarai berbagai even lomba, penghargaan guru aktif  literasi nasional, penulis nasional, pembina literasi nasional, dan apresiasi pengembangan perpustakaan digital.

Tingkat kegemaran membaca di Perpustakaan Harun Al Rasyid dapat ditunjukkan dari persentase jumlah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan dari keseluruhan anggota dengan rerata perhari dalam satu tahun terakhir sebanyak 10,23%. Selain itu persentase jumlah koleksi yang digunakan pemustaka terhadap keseluruhan koleksi perpustakaan rerata perbulan dalam satu tahun terakhir mencapai 26,2% juga menunjukkan meningkatnya kegemaran membaca.

Aktifitas gemar membaca juga dibuktikan adanya keberadaan pegiat literasi, diantaranya adanya sahabat perpustakaan, duta baca siswa, duta baca tenaga kependidikan, duta baca guru, serta penghargaan pemustaka aktif. Adapun karya tulis yang dihasilkan dari program kegiatan literasi di perpustakaan dalam satu tahun terakhir seperti Karya Tulis Ilmiah, Antologi Geguritan, Antologi Puisi, dan Majalah El-Aman.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan mutu Perpustakaan Harun Al Rasyid, inovasi dan kreativitas terus dilakukan oleh MAN 2 Kudus. Salah satunya adalah melakukan pembangunan literasi masyarakat, baik masyarakat intern MAN 2 Kudus ataupun masyarakat luar. Dukungan masyarakat, alumni, dan seluruh pemustaka di MAN 2 Kudus menjadikan koleksi Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus semakin berkembang dan variatif. Kerjasama baik internal maupun eksternal mendapatkan apresiasi dan sambutan yang luar biasa dari berbagai instansi dan masyarakat. Misalnya dengan saudara kecil kita dari MIN, SD Muhammadiyah,  Bimbel GO, penerbit Erlangga, dan lain-lain.

Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menjelaskan bahwa Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus merupakan wujud pengembangan kekuatan iman dan takwa, karena ayat Al-Qur’an yang pertama kali diturunkan yaitu Iqra yang artinya membaca. “Membaca adalah sebagai upaya untuk membuka pintu gerbang pengetahuan, maka Perpustakaan Harun Al Rasyid ini menyediakan fasilitas dari berbagai macam fasilitas untuk mengembangkan kemampuan literasi. Ketersediaan sarana prasarana perpustakaan yang lengkap diharapkan mampu memberikan dan mengembangkan potensi anak didik dengan baik. Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus bisa menjadi  percontohan nasional dan mampu memberikan jawaban bahwa MAN 2 Kudus akan menjadi pilar dan menjadi ujung tombak  percontohan dalam pengembangan perpustakaan digital. Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus go nasional, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan keberkahan untuk semuanya.

Menteri Agama Republik Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan apresiasi terhadap Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus. “Perpustakaan Harun Al Rasyid yang dikembangkan Madrasah Aliah Negeri 2 Kudus mengingatkan saya pada perpustakaan Darul Hikmah yang didirikan pada tahun 149 Hijriah oleh Kholifah Harun Al Rasyid. Bukan berarti menyamakan di antara keduanya, tetapi saya menemukan adanya semangat yang sama yang menjadikan perpustakaan tidak semata  sebagai penunjang pembelajaran, tetapi juga mercusuar pengembangan ilmu pengetahuan. Perpustakaan dikembangkan dengan konsep  tiga dimensi yaitu membaca, keagamaan dan  laboratorium. Perpustakaan MAN 2 Kudus telah berkembang sedemikian rupa tidak  kurang dari 3500 koleksi buku dan 1000 judul buku digital. Saya Menteri Agama Republik Indonesia melihat Perpustakaan MAN 2 Kudus ini  sangat representatif untuk sebuah perpustakaan di lembaga pendidikan tingkat menengah, dengan ruang yang nyaman serta beragam literasi dan referensi yang tersaji sangat menunjang untuk terwujudnya madrasah riset. Dengan gedung dua lantai  Perpustakaan Harun Al Rasyid juga digunakan sebagai tempat untuk pembelajaran  klasikal. Perpustakaan MAN 2 Kudus sangat layak menjadi percontohan tingkat nasional, tempat berkembangnya ilmu pengetahuan dan menebar manfaat”, jelas Gus Men.

Plt Direktur KSKK (Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan) Dr. H. M. Sidik Sisdiyanto saat berkunjung ke MAN 2 Kudus sempat berkunjung ke Perpustakaan Harun Al Rasyid. “Kesan  saya masuk pertama itu menyenangkan sebagai tempat membaca. Perpustakaan itu memang harusnya selayaknya itu yang  menyenangkan. Membuat orang senang dari pilihan warna yang diambil, kemudian beberapa furniture itu sangat bagus diambil dan sangat menarik sehingga terasa nyaman, ketika orang masuk merasa seperti di rumah sendiri. Dan saya lihat beberapa pelengkapan lain juga sudah sangat modern, jadi saya begitu masuk pertama  langsung tertarik sangat bagus dan menarik,  terus membuat orang betah di dalam  perpustakaan.

Kepala MAN 2 Kota Malang Dr. Samsudin, M.Pd. saat mengadakan studi tiru ke MAN 2 Kudus sempat berkunjung ke Perpustakaan Harun Al-Rasyid. “Alhamdulillah saya lihat perpustakaan ini berbeda dengan perpustakaan-perpustakaan yang lain, banyak inovasi yang sudah dilakukan di MAN 2 Kudus ini luar biasa. Mulai kami masuk di pintu aula terus masuk ke ruang-ruang yang ada, termasuk dilantai dua ini yang sudah  dilengkapi dengan multimedia ini juga sangat luar biasa. Harapan kita tentunya perpustakaan yang bagus ini bisa diakses oleh masyarakat, oleh siswa-siswi yang ada di Indonesia, maka Insyaallah manfaatnya akan menjadi sangat luar  biasa.”

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala MIN 1 Kota Malang Siti Aisah, S.Ag., M.Pd. dan Kepala MIN 2 Kota Malang Nanang Suhmawan S., S.Pd., M.Pd.I ketika studi tiru di MAN 2 Kudus. “Perpustakaan MAN 2 Kudus maju, sukses, dan menginspirasi”.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan Dinas Arpus Provinsi Jawa Tengah Ir. Listyati Purnama Rusdiana, M.Si. sangat bangga dan memberikan apresiasi atas inovasi dan prestasi Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus sebagai pusat literasi dan  ilmu pengetahuan, serta berharap agar Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus senantiasa maju dan berkembang.

Perpustakaan Harun Al-Rasyid MAN 2 Kudus, Membumikan budaya literasi Melangitkan Prestasi.

5/5 (24)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *