Studi Tiru MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung di MAN 2 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menerima tamu dari MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung untuk studi tiru pada Selasa 5 Desember 2023. Rombongan MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung  berjumlah 35 orang yang terdiri dari 4 orang guru dan 31 orang siswa. Rombongan tamu diterima di ruang aula lantai 4 Laboratorium Riset Terpadu MAN 2 Kudus.

Kunjungan dari madrasah yang beralamat di Jl. Kamboja No. 06 Rukti Harjo No. 8 Lampung dan mempunyai visi “Menjadikan sumber daya manusia yang memiliki iptek, imtaq dan berakhlakul karimah” dipimpin oleh Kepala Madrasah Miftah Alfiah, S.Pd.

Acara studi tiru diawali dengan sambutan dari masing-masing wakil madrasah. Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyampaikan nilai-nilai keunggulan MAN 2 Kudus baik dalam aspek keagamaan, akademik, nonakademik, dan inovasi riset yang telah dikembangkan sebagai ikon keunggulan MAN 2 Kudus. Juga menyampaikan kiat-kiat MAN 2 Kudus dalam menghantarkan peserta didiknya banyak diterima di perguruan tinggi.

Ketua rombongan kepala MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung, KH. Syauqi, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan tujuan studi tiru adalah ingin bersilaturahim dan ingin studi tiru serta melihat lebih dekat bidang riset di MAN 2 Kudus yang telah menjadi ikon nasional madrasah berbasis riset. Maka tim pengembang riset MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung merasa perlu untuk menambah wawasan dan keilmuan riset dengan melakukan studi tiru di MAN 2 Kudus. Juga mengkaji program kerja OSIS MAN 2 Kudus.

Acara dilanjutkan pemaparan apa dan bagaimana madrasah riset oleh tim guru riset MAN 2 Kudus yang disampaikan oleh koordinator divisi pengembangan riset dan teknologi MAN 2 Kudus, Ardian Awaluddin, M.Si. Dalam paparan power point-nya beliau menjelaskan sistem pengembangan riset, pengelolaan, pembimbingan, pendanaan, sampai contoh-contoh penelitian siswa MAN 2 Kudus yang telah meraih juara dalam even lomba riset baik tingkat nasional maupun internasional.

Selanjutnya adalah pemaparan  program kerja OSIS MAN 2 Kudus yang disampaikan oleh Ketua OSIS MAN 2 Kudus Manggar Aflah.

Acara studi tiru berlangsung secara kekeluargaan. Acara lebih banyak diisi dengan sesi tanya jawab. Peserta rombongan dari MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar pengembangan dan inovasi di madrasah.

Salah seorang peserta studi tiru Bendahara MA Ma’arif 06 Seputih Raman Lampung Suyatmi, S.Pd. memberikan kesannya pada MAN 2 Kudus. “Kesan pertama saat memasuki MAN 2 Kudus nyaman, apa lagi ditambah dari segi fasilitas pendukung yang sangat lengkap. Pastilah siswa akan semangat dan betah dalam belajarnya”. Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cindera mata, kemudian dilanjutkan kunjungan ke perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus.

5/5 (28)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *