Studi Tiru MAN 4 Jakarta di MAN 2 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menerima tamu dari MAN 4 Jakarta untuk studi tiru pada Jum’at 13 Oktober 2023. Rombongan MAN 4 Jakarta berjumlah 11 orang yang terdiri dari kepala tata usaha, wakil kepala madrasah, dan pembina asrama. Rombongan tamu diterima pada jam 08.00 WIB di ruang aula lantai 4 Laboratorium Riset Terpadu MAN 2 Kudus.

Kunjungan dari madrasah yang beralamat di Jl. Ciputat Raya No. 5 Kelurahan Pondok Pinang Kecamatan Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta dan mempunyai visi “Madrasah IHSAN (Integritas, Humanis, Spiritualitas, Adaptif, Nasionalis) dalam membangun generasi yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul” dipimpin oleh Kepala Madrasah Wido Prayoga, M.Pd.

Acara studi tiru diawali dengan sambutan dari masing-masing wakil madrasah. Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyampaikan nilai-nilai keunggulan MAN 2 Kudus baik dalam aspek keagamaan, akademik, nonakademik, dan inovasi riset yang telah dikembangkan sebagai ikon keunggulan MAN 2 Kudus. Juga menyampaikan kiat-kiat MAN 2 Kudus dalam penilaian zona integritas sehingga bisa meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dari Menpan RB.

Ketua rombongan kepala urusan tata usaha MAN 4 Jakarta, Ameri, dalam sambutannya menyampaikan tujuan studi tiru adalah ingin bersilaturahim dan ingin studi tiru serta melihat lebih dekat bidang riset di MAN 2 Kudus yang telah menjadi ikon nasional madrasah berbasis riset. Maka tim pengembang riset MAN 4 Jakarta merasa perlu untuk menambah wawasan dan keilmuan riset dengan melakukan studi tiru di MAN 2 Kudus. Juga mengkaji prestasi dalam bidang Zona Integritas menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), serta studi tiru tentang pengelolaan asrama boarding school.

Acara dilanjutkan pemaparan apa dan bagaimana madrasah riset oleh tim guru riset MAN 2 Kudus yang disampaikan oleh koordinator divisi pengembangan riset dan teknologi MAN 2 Kudus, Ardian Awaluddin, M.Si. Dalam paparan power point-nya beliau menjelaskan sistem pengembangan riset, pengelolaan, pembimbingan, pendanaan, sampai contoh-contoh penelitian siswa MAN 2 Kudus yang telah meraih juara dalam even lomba riset baik tingkat nasional maupun internasional.

Selanjutnya adalah pemaparan pengelolaan asrama boarding school yang disampaikan oleh pembina asrama Alex Mahya, Lc., M.Pd.

Acara studi tiru berlangsung secara kekeluargaan. Acara lebih banyak diisi dengan sesi tanya jawab. Peserta rombongan dari MAN 4 Jakarta sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar pengembangan dan inovasi di madrasah.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cindera mata, kemudian dilanjutkan kunjungan ke perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus.

5/5 (31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *