Studi Tiru KKMA 2 Kota Cilegon di MAN 2 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menerima tamu dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah 2 Kota Cilegon  untuk studi tiru pada Kamis, 25 Mei2023. Rombongan KKMA 2 Kota Cilegon berjumlah 40 orang yang berasal dari 10 madrasah, yaitu MAN 2 Kota Cilegon, MA Al-Khairiyah Pabuaran Cilegon, MA Nasyrul Ulum Cilegon, MA Al-Khairiyah Karang Tengah Cilegon, MA An-Nidhomiyah Cilegon, MA Aljauharotunnaqiyah Cibeber, MA Jauharotunnaqiyah Kerang Barat Cilegon, MA Jerang Ilir Cileegon, MA Aljauharotunnaqiyah Palas Cilegon, dan MA Albustaniyah Cilegon.

Rombongan tamu diterima di ruang Hall Lantai 4 Laboratorium Riset Terpadu MAN 2 Kudus. Kunjungan dari KKMA 2 Kota Cilegon ini dipimpin oleh ketua rombongan Sumarno M.PKim, Kepala MAN 2 Cilegon.

Acara studi tiru diawali dengan pembukaan oleh Widya Hastuti Ningrum, M.Pd, wakil kepala bidang humas dan keagamaan MAN 2 Kudus. Acara dilanjutkan sambutan dari tuan rumah dan ketua rombongan tamu.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut baik kehadiran studi tiru dari KKMA 2 Kota Cilegon yang datang jauh-jauh dari Jawa Barat. Secara jelas dan lengkap Kepala MAN 2 Kudus memaparkan slide presentasi manajemen pengelolaan madrasah dengan tema “Membangun Madrasah Uswatun Hasanah, Akademik dan Riset”.

“Institusi pendidikan madrasah harus bisa maju bersama meraih prestasi akademik maupun non akademik, sehingga madrasah menjadi pilihan terbaik masyarakat dalam mendidik putra-putrinya”, pesan Kepala MAN 2 Kudus.

Ketua rombongan KKMA 2 Kota Cilegon Sumarno M.PKim dalam sambutannya menyampaikan tujuan studi tiru adalah ingin bersilaturahim dan ingin studi edukasi kepada MAN 2 Kudus terkait manajemen pengelolaan madrasah. Harapannya edukasi yang diperoleh di MAN 2 Kudus tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan dan informasi, tetapi yang lebih penting adalah memberikan motivasi dan bisa diadopsi di 10 madrasah KKMA 2 Kota Cilegon sehingga bisa menjadi madrasah unggul yang berprestasi seperti MAN 2 Kudus.

Peserta rombongan dari KKMA 2 Kota Cilegon sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar pengelolaan madrasah seperti kurikulum, sarana prasarana, boarding school, keuangan, ekstra kurikuler dan program tahfid. Semua pertanyaan bisa dijawab dengan lancar dan tuntas oleh para pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Kudus yang mengemban amanah di bidangnya masing-masing.

Salah seorang peserta studi tiru dari KKMA 2 Kota Cilegon, Ahmad Rahmani, M.Pd., wakil kepala Bidang Sarana Prasarana MAN 2 Cilegon, memberikan kesan dan pesannya untuk MAN 2 Kudus. “MAN 2 Kudus luar biasa. Banyak program-program yang sekilas biasa namun bisa menjadi unggulan. Disiplin kunci dari keberhasilan. Ini adalah sudah dibuktikan oleh MAN 2 Kudus. Pesan saya, semoga MAN 2 Kudus bisa menularkan ilmu-ilmunya ke madrasah-madrasah lainnya,  baik di wilayah Kudus maupun secara nasional”.

Acara studi tiru diakhiri dengan foto bersama, penyerahan cindera mata, ramah tamah secara kekeluargaan dan peninjauan sarana prasarana yang ada di MAN 2 Kudus.

5/5 (30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *