Young Researcher Team Camp (Yourt Camp) MAN 2 Kudus 2023

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus mengadakan kegiatan Young Researcher Team Camp (Yourt Camp) 2023 pada 4 sampai 11 Maret 2023 di Aula Laboratorium Riset Terpadu Lantai 4. Kegiatan diikuti oleh perwakilan siswa kelas X dimana setiap kelas diwakili oleh 5 siswa.

Pada pembukaan hari pertama, Kepala MAN 2 Kudus dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan kegiatan Yourt Camp yang diadakan setiap tahun tersebut. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan semangat dan mensosialisasikan MAN 2 Kudus yang terfokus pada akademis dan riset seperti slogan MAN 2 Kudus sebagai madrasah akademik berbasis riset mendunia mandiri berprestasi dan ushwatun khasanah atas izin Allah.

Pada hari pertama dan kedua diisi Yourt Camp Keagamaan dengan tema : Kajian Teks Suci untuk Pengembangan Teknologi dan Riset Tepat Guna. Narasumbernya adalah Dr. Mahfud Junaedi M.Ag. salah satu juri bidang keagamaan MYRES. Materi yang dijelaskan meliputi Penelitian Bidang Keagamaan dan Tren Penelitian Keagamaan pada Kompetisi MYRES, Identifikasi Ide Potensi Penelitian Keagamaan dalam Pengembangan Teknologi dan Riset Tepat Guna, serta Penelitian Moderasi Beragama.

Pada hari ketiga dan keempat diisi Yourt Camp Internet of Things dengan tema : Internet of Things dan Aplikasinya dalam Riset Kompetitif. Nasumbernya adalah Bagas Perdana Mahardika, A.Md. Materi yang dijelaskan meliputi Pengenalan IoT dan Beberapa Riset yang Melibatkan IoT, Pengenalan Komponen Elektronika, Sensor, Aktuator, dan Microcontroller dan Komunikasi Data dan Platform IoT.

Pada tiga hari terakhir diisi Yourt Camp IT Pengembangan Aplikasi dengan tema: Media dan Aplikasi Penunjang Penelitian yang Kekinian. Narasumbernya Adlan Nufa Haidar, A.Md. dan Ari Wijaya, S.Kom. Materi yang dijelaskan meliputi: Pengembangan Aplikasi Android dan Riset Tepat Guna, Pengenalan Platform Kodular, Tampilan, dan Block Code, Pembuatan Aplikasi Android Edukasi Sederhana, Pembuatan Game Edukasi Platform dengan Construct2, serta User Interface Game Edukasi dan Export html5.

Peserta Yourt Camp sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar riset, aplikasi android dan game. Salah satu peserta Mahendra Ali dari kelas X 4 memberikan kesannya “Acara Yourt Camp ini sangat seru dan informatif. Pemateri dapat membawakan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh kami, yang membuat saya menambah wawasan banyak hal tentang penulisan suatu proposal. Juga saya jadi tahu bagaimana cara nenbuat apkikasi game”

5/5 (36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *