Siswa MAN 2 Kudus Borong Empat Medali YNSF 2023

Kudus – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus kembali menorehkan prestasi di bidang riset tingkat nasional yang membanggakan. Siswa MAN 2 Kudus memborong empat medali dalam ajang Youth National Science Fair (YNSF) 2023 yang diselenggarakan oleh IYSA UPMI Bali dan Fakultas Teknik Undip Semarang.

YNSF merupakan ajang adu kemampuan para peneliti muda berusia 13-20 tahun dalam mempresentasikan hasil penelitian yang telah mereka lakukan. Melalui Youth National Science Fair 2023, para peneliti muda berkesempatan untuk memaparkan hasil karya mereka, memperkaya wawasan, meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berkesempatan untuk berkompetisi di tingkat dunia karena juara dari YNSF 2023 secara otomatis akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional.

Teknis lomba dilakukan secara online, peserta mengirimkan extended abstract dan PowerPoint dari penelitian yang telah dilakukan sebelum proses penjurian (batas waktu telah ditentukan). Proses penjurian dilakukan setelah peserta mempresentasikan penelitian mereka dan melewati sesi tanya jawab. Extended abstract, PowerPoint, dan proses penjurian dibuat dan dilakukan dalam bahasa Inggris. Waktu lomba YNSF 8 – 13 Maret 2023.

Rincian perolehan empat medali dalam bidang riset tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, Tim riset yang yang meraih medali emas terdiri dari Anas Zaskia Athaya Putri (XII IPA 5),  Aina Ismiyatul Maula (XII IPA 5),  Nadia Maulina ‘Aisyah (XI IPA 2), Donata Nu’ma Fawwaz Nailah Mahfudz (XI IPA 1) dan Fadila Aulia Sari (XI IPA 1), dengan guru pembimbing Lina Kurniawati, M.Pd. Judul karyanya adalah: “Pemanfaatan Limbah Popok Bayi Dan Serasah Jagung Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Genteng Beton”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sifat fisis, mekanis, dan termal genteng beton termodifikasi  limbah popok bayi dan serasah jagung sebagai bahan tambahan dalam pembuatan genteng beton.

Tim riset kedua meraih Gold Medal diraih oleh tim riset yang beranggotakan Adhitama Firdaus Salman (11 IPA 7), Kanahaya Ale Sulaiman (12 IPA 6), Muhammad Mulzam Ali (12 IPA 6), Muhammad Arjun Nabila (11 IPA 7) dan Athaya Raissa Putra (11 IPA 7), dengan guru pembimbing Ekadina Dzawil Ulya S.Pd. Judul karyanya adalah:  “Inovasi Tisu Basah Ekstrak Etanol Pelepah Daun Pisang Karmilin (Musa paradisiaca) untuk Mencegah Infeksi Kulit Akibat Bakteri Staphylococcus aureus”.

Indonesia merupakan negara tropis dimana banyak dari mikroba dapat berkembang secara pesat, termasuk bakteri yang bersifat patogen. Tumbuhan pisang di Indonesia selalu mengalami kenaikan produksi setiap tahunnya terutama di Kabupaten Kudus yang terkenal dengan pisang karmilinnya. Pelepah pisang Karmilin merupakan bagian dari tumbuhan pisang yang memiliki segudang manfaat. Kandungan pada pelepah pisang Karmilin memiliki senyawa saponin, flavonoid, tanin, dan steroid yang berperan dalam antibakteri. Maka dari itu dibuatlah inovasi tisu basah anti bakteri yang ramah lingkungan dari ekstrak pelepah daun pisang Karmilin untuk mencegah berbagai infeksi pada kulit.

Tim ketiga meraih Gold Medal dan Spesial Award MIICA (Malaysian Innovation, Invention and Creativity Association) beranggotakan Salwa Ani Faiqoh (XI IPA 7), Azmi Wulan Nirwasitasari (XI IPA 7), Arina Amalina (XI IPA 7), Fatwa Isnaya Echa Anastasya (XI IPA 7) dan Thariq Ahmad Zaky Athaillah (XI IPA 7), dengan guru pembimbing Ekadina Dzawil Ulya, S.Pd. Judul karyanya: BIOTUPAY: Inovasi Bioinsektisida Akar Tuba dan Daun Pepaya terhadap Pengendalian Hama Kutu Putih pada Tanaman Terong Ungu.  Produk ini dibuat sebagai inovasi Bioinsektisida dari akar tuba dan daun Pepaya guna menanggulangi hama kutu putih pada tanaman terong ungu.

Adapun tim riset keempat meraih Silver Medal beranggotakan Barrotut Taqiyah (XI IPS 2), Jingga Ainurrohmah (XI IPS 2), Kayla Noor Fitriyana (XI IPS 2), Naila Wahyu Anggraini (XI IPS 2) dan Zada Fadhila (XI IPS 2) dengan guru pembimbing Risti Ainur Rahma, S.Pd. Judul karyanya: Keefektifan Penggunaan Plastik Biodegradabel berbasis Tepun Maizena sebagai Pembungkus Makanan.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi yang luar biasa dari keempat tim riset siswanya yang berhasil meraih penghargaan di ajang riset internasional YNSF 2023, serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang riset, bidang akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional. MAN 2 Kudus akan terus memberikan kesempatan dan fasilitas kepada peserta didik untuk mengembangkan karya-karyanya melalui berbagai ajang lomba, baik lomba akademik maupun nonakademik.

5/5 (43)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *