Siswa MAN 2 Kudus Borong 4 Medali ISPO 2023

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus kembali menorehkan prestasi di bidang riset tingkat nasional yang membanggakan. MAN 2 Kudus borong empat medali dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2023. ISPO merupakan sebuah kegiatan olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer. Kegiatan yang diprakarsai oleh Eduversal Foundation ini diperuntukan bagi para generasi muda Indonesia yang bersekolah di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia.

Kegiatan ISPO juga dilandasi pemikiran bahwa kita perlu mendorong para remaja untuk mencintai ilmu pengetahuan, membudayakan berfikir ilmiah, melakukan penelitian dan mengembangkannya, dan menghasilkan produk ilmiah.

Teknis lomba dilakukan secara online, peserta mengirimkan extended abstract dan PowerPoint dari penelitian yang telah dilakukan sebelum proses penjurian (batas waktu telah ditentukan). Proses penjurian dilakukan setelah peserta mempresentasikan penelitian mereka dan melewati sesi tanya jawab. Extended abstract, PowerPoint, dan proses penjurian dibuat dan dilakukan dalam bahasa Inggris. Waktu lomba ISPO 24 – 26 Februari 2023.

Rincian perolehan empat medali dalam bidang riset tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, Bronze Medal (Perunggu) ISPO 2023 diraih oleh tim riset yang terdiri dari Alya Naila Al Muna (XI IPA 4) dan Itsna Alyazena Rajabani (XI IPA 3), dengan guru pembimbing Mutiara Hapsari, M.Si. Judul karyanya adalah: “Pemanfaatan Sinamaldehida Kayu manis (Cinnamomum burmannii) sebagai Prekursor dalam Sintesis Senyawa Kandidat Anti-diabetes Berdasarkan Uji Inhibisi Enzim α-Amilasenya”. Senyawa sinamaldehida dalam kayu manis digunakan sebagai bahan untuk sintesis senyawa analog chalcone yang diuji sebagai kandidat obat antidiabetes.

Tim riset kedua meraih Honourable Mention dalam bidang Kimia yang terdiri dari Farhatun Rizqiyah 11 IPA 4 dan Lydia Rahma Zulva 11 IPA 4, dengan guru pembimbing Mutiara Hapsari, M.Si. Judul karyanya adalah: “Efektivitas Komposit Berbasis Zeolit Sintetis dari Kulit Buah Salak (Salacca Edulis Reinw) sebagai Adsorben pada Asap Knalpot Kendaraan”. Pembuatan komposit dengan bahan zeolit sintetis dari kulit buah salak sebagai adsorben pada asap knalpot kendaraan.

Tim riset ketiga meraih Honorable Mention dalam bidang Fisika  yang terdiri dari Dea Maulina Zukhrufa dan Shira Narda Nawafa, dengan guru pembimbing Lina Kurniawati, M.Pd. Judul karyanya adalah “Potensi ampas tebu dan eceng gondok sebagai bahan pembuatan polywood untuk mendukukung SDGs 2030”. Limbah Ampas tebu dan serat batang eceng gondok digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan polywood, guna mengurangi limbah dan juga hama tanaman. Selain itu juga digunakan untuk mendukung SDGs 2030 dalam tujuan yang ke 15.

Adapun tim riset keempat meraih Honorable Mention dalam bidang Fisika yang beranggotakan Fadila Aulia Sari dan Donata Nu’ma Fawwaz Nailah Machfudz dengan guru pembimbing Lina Kurniawati, M.Pd. Judul karyanya adalah “BIPADASI: Formulasi Bio Acne Patch dari Biji Pepaya dan Daun Sirih Hijau untuk Penghambat Bakteri Staphylococcus aureus sebagai Langkah Kecil Menuju Transformasi Green Economy”. Bio acne patch dari ekstrak biji pepaya dan daun sirih hijau berbasis edible film dengan perekat dari tepung pati. BIPADASI berpotensi larut dalam air dan dapat terdegradasi dalam tanah.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi yang luar biasa dari keempat tim riset siswanya yang berhasil meraih penghargaan di ajang riset ISPO 2023, serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang riset, bidang akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional. MAN 2 Kudus akan terus memberikan kesempatan dan fasilitas kepada peserta didik untuk mengembangkan karya-karyanya melalui berbagai ajang lomba, baik lomba akademik maupun nonakademik.

5/5 (44)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *