Magnifesto dan Gelar Karya P5RA MAN 2 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menggelar karya bertajuk Magnifesto dan Gelar Karya Kewirausahaan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rohmatan Lil’alamin (P5RA). Kegiatan ini di selenggarakan pada tanggal 21 – 22 Desember 2022 di lapangan MAN 2 Kudus dan terbuka untuk umum. Pembukaan pada hari pertama dimulai pukul 07.30 oleh kepala MAN 2 Kudus dengan pengguntingan pita dan confetti dilanjutkan kunjungan stan bersama bapak ibu guru dan tenaga kependidikan MAN 2 Kudus. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi membekali peserta didik untuk memahami konsep dan menanam jiwa wirausaha sejak dini. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik mampu memanfaatkan peluang dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan madrasah yang berwawasan kewirausahaan.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 2 Kudus dengan mengambil tema “Magnifesto” yang diambil dari kata ‘mega’ yang berarti besar dan kata ‘manifestasi’ yang bermakna sebuah harapan dan keinginan besar. Kegiatan ekspo fakum selama dua tahun selama pandemi, dan kini mereka bertekat untuk bangkitkan tradisi gelar karya yang lebih besar lagi. Kegiatan ekspo yang biasanya digelar di Indoor Tenis Center (ITC), tetapi tahun ini kita menggunakan lapangan MAN 2 Kudus yang kapasitas tempat lebih luas dan representatif. Ditata dengan lebih baik, lebih megah, dan mewah.

Kegiatan Magnifesto ini menyajikan banyak karya, dan inovasi terbaik dari perwakilan tiap kelas dengan desain dan konsep sesuai kreativitas kelas masing-masing. Masyarakat umum pun dapat menikmati dan membeli produk-produk yang dihasilkan mereka. Selain itu kegiatan ini juga diwarnai dengan berbagai sajian hiburan, seperti tari, band, fashion show maskot, dan tampilan-tampilan menasik lainnya sehingga kegiatan ini berlangsung sengan semarak.

Kegiatan Manifesto juga didukung dengan gelar hasil karya P5RA sebagai implementasi kurikulum merdeka yang dilaksanakan peserta didik kelas X. Kegiatan ini terbagi menjadi dua kelompok dengan mengusung produk olahan berupa produk makanan dan minuman. Produk yang dibuat merupakan produk olahan dari bahan limbah, bahan alami, produk hasil industri dan produk desain menggunakan komputer. Siswa kelas X setiap kelas di bentuk dalam dua kelompok, ganjil dan genap dengan produk makanan atau miinuman. Produk wajib memiliki empat pilihan tema, yang pertama, produk dari olahan limbah, seperti botol, plastik, kertas, bungkus permen, making perca, dan lain-lain. Kedua, produk dari bahan alami seperti kayu, ranting, tanah liat, klobot jagung, pasir, dan lain-lain. Ketiga, produk dari industri, seperti akrilik, payet, sulam, rajut, dan lain-lain. Keempat, produk desain menggunakan media komputer, seperti mug, jam, kaos, sticker, dan lain-lain.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag., sangat gembira dengan ide kreatif OSIS MAN 2 Kudus, para guru, dan para pembimbing yang telah merancang konsep, pengawalan pelaksanaan dan hasil karya. Beliau juga mengucapkan terima kasih pada para sponsor yang ikut mendukung terselenggaranya acara ini. Harapan Beliau, kegiatan ini bisa dilaksanakan tiap tahunnya dengan kreativitas dan kualitas yang lebih baik lagi. Jiwa kewirausahaan memang sudah semestinya ditanamkan pada semua peserta didik.

5/5 (48)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *