Siswa MAN 2 Kudus Raih Juara 1 dalam Ajang Tiktok English and Arabic Language Competition

Kudus – Silky Nielna Rizqiya, siswi kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus meraih juara I dalam ajang Tiktok English and Arabic Language Competition – Language Festival MMXXII Tahun 2022 melalui kategori Tiktok Peribahasa Inggris. Ajang ini diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa (UPTPB) IAIN Salatiga.   

Karya Silky sendiri mengangkat tema peribahasa Bahasa Inggris yang sering dipakai sehari-hari oleh santri di Boarding School MAN 2 Kudus, sehingga video ini bertujuan untuk menjadi refleksi dan referensi ungkapan-ungkapan yang benar yang dapat diaplikasikan oleh santri Boarding School. Keberhasilan Silky tak lepas dari bimbingan secara intensif dari Muhamad Khodrotun Naja, M.Pd., guru Bahasa Inggris MAN 2 Kudus.

Festival dilaksanakan secara daring (online) selama bulan April – Mei 2022, yang dimulai dengan beberapa tahap, mulai pendaftaran, pengumpulan video kreativitas siswa-siswi, hingga masa penilaian oleh pihak juri. Setelah selesainya rangkaian kegiatan Language Festival MMXXXI tahun 2022 berdasarkan keputusan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa (UPTPB) IAIN Salatiga Nomor: B-326/In.21/P3/PP.00.6/05/2022 tertanggal 3 Juni 2022, penetapan pemenang dilakukan secara luring (offline) di Ruang Audit Lt.3, Gedung K.H. Hasyim Asy’ari, Kampus 3 IAIN Salatiga. Semua siswa-siswi pemenang lomba dan guru pembimbing diundang untuk hadir dalam penyerahan piala, uang pembinaan, dan sertifikat juara.

Language Festival merupakan program tahunan yang diadakan oleh UPTPB IAIN Salatiga untuk menyeleksi dan memberi apresiasi siswa-siswi terbaik dari provinsi Jawa Tengah dan DIY yang memiliki kemampuan bahasa asing yang aktif. Language Festival MMXII tahun 2022 bertujuan untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang memiliki bakat di bidang bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan Arab, melalui aplikasi ternama TikTok untuk dapat dikembangkan talenta mereka menjadi content creator yang edukatif sesuai dengan kemampuan berbahasa asing mereka. Kegiatan ini juga diarapkan dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab terhadap dunia pendidikan melalui platform sosial media.

Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. mengapresiasi atas prestasi siswa-siswi MAN 2 Kudus yang berhasil meraih penghargaan tingkat provinsi seperti ini, serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Wartamandaku/03/VI/22

5/5 (17)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *