Bincang Ringan Siang Bersama Siswa MAN 2 Kudus: Membangun Keakraban dan Kebahagiaan di Lingkungan Madrasah

Kudus – Kepala MAN 2 Kudus, Ali Musyafak, selalu memiliki inovasi dan cara yang jitu serta selalu menjalin hubungan yang sangat dekat dengan peserta didiknya, selalu berusaha menciptakan lingkungan yang ramah dan terbuka. Sering juga ia terlibat langsung dalam kegiatan madrasah dan berdialog dengan para siswa untuk memahami kebutuhan dan aspirasi mereka. Hal ini penting karena Syafak percaya bahwa interaksi yang baik antara guru dan siswa akan menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan.

Salah satu hal yang sering ditekankan oleh kepala madrasah adalah pentingnya kebahagiaan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Menurutnya, pelajar yang bahagia akan lebih aktif, kreatif, dan bersemangat dalam menimba ilmu. Oleh karena itu ia mendorong peserta didik untuk tidak hanya mengejar nilai akademis, tetapi juga menikmati proses belajar itu sendiri. Kehidupan di madrasah yang harmonis dan menyenangkan akan membuat siswa berkembang secara holistik, baik dalam segi akademik maupun non akademik.

Selain itu, Kepala MAN 2 Kudus juga sangat peduli terhadap tata cara berpakaian siswa-siswinya. Ia menekankan pentingnya mengenakan seragam yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Seragam yang Islami, menurutnya, bukan hanya soal penampilan luar, tetapi juga sebagai cerminan dari perilaku dan sikap yang baik. Dalam konteks ini, madrasah berupaya mengajarkan kepada siswa untuk menjaga identitas keislaman mereka dengan bangga dan bijak dalam kehidupan sehari-hari, salah satu langkahnya menerapkan budaya Jumat Bersarung untuk Amalkan Pendidikan Islami yang disingkat JUS APEL.

Walaupun madrasah berambisi untuk mendunia, Kepala MAN 2 Kudus tetap menjaga nuansa kearifan lokal sebagai anak santri. Kota Kudus yang dikenal sebagai kota santri menjadi inspirasi bagi madrasah ini untuk terus mengembangkan potensi peserta didiknya dalam bingkai keislaman dan tradisi lokal. Dengan demikian, para pelajar dapat tumbuh sebagai individu yang berpengetahuan luas, tetapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan budaya.

5/5 (16)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *