The Bitter Sweetness of Being a Journalist

Kudus – Puluhan anggota JFC (Journalistic Fun Club) dari MAN 2 Kudus sangat antusias mengikuti kegiatan bertajuk “Safari Jurnalistik Pena Muda” yang diselenggarakan bersama Jawa Pos Radar Kudus dan Djarum Foundation. Kegiatan diadakan secara tatap muka di Hall Laboratorium Riset Terpadu Lantai 4 MAN 2 Kudus, pada Sabtu 15 Juni 2024. Tim dari Jawa Pos Radar Kudus berbagi sejumlah materi dan pengalaman yang dialami selama bertugas.

Kegiatan “Safari Jurnalistik Pena Muda” dihadiri oleh Drs. H. Shofi, M.Ag. (Kepala MAN 2 Kudus), Drs. Hafidhin, S.Pd. (Waka Kesiswaan), Drs. H. Supriyanto HP. (Pendiri JFC), Stafendi Handoko, S.Pd. (Pembimbing JFC), Muhammad Khoirul Anam, S.Sos (Koordinator), Pengurus Harian JFC, sejumlah tim Jawa Pos Radar Kudus, anggota Pena Muda, dan kurang lebih 70 anggota JFC.

Menjadi seorang jurnalis yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang jurnalis, walaupun hal tersebut sekecil butiran nasi. Tim Jawa Pos Radar Kudus menceritakan pahit manisnya perjalanan yang mereka lalui selama bertugas. Dimulai dari ikut menyamar menjadi pemulung, menyamar jadi warga setempat, bahkan rela menjadi tahanan di sel penjara, dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Anggota JFC juga bertukar cerita bahwa pernah dianggap remeh oleh beberapa kalangan, hanya karena mereka merupakan anak sekolahan. Hal tersebut dilakukan hanya untuk mendapat topik berita yang ingin ditampilkan di media yang diasuhnya.

Dibalik perjuangan tersebut tentu ada hal manis/benefit yang dialami oleh seorang jurnalis, seperti bertemu artis atau tokoh ternama secara cuma – cuma, pulang pergi luar negeri untuk liputan, namanya dikenal banyak orang, dan lain lain. Tim Jawa Pos Radar Kudus membagikan pengalaman tersebut dengan tujuan memotivasi peserta kegiatan agar semangat menjadi seorang jurnalis yang handal.

Tidak hanya berbagi pengalaman, Tim Jawa Pos Radar Kudus juga memberikan beberapa tips dan trik, mulai dari mempersiapkan secara matang pertanyaan sebelum liputan, dressed well saat meliput, percaya diri, serta melakukan rapat redaksi sebelum menghasilkan suatu produk jurnalistik.

Adapun yang paling berkesan adalah tim Jawa Pos Radar Kudus membagikan materi mengenai 13 news value yang merupakan patokan layak atau tidaknya sebuah berita untuk terbit. Semua materi yang disampaikan oleh tim Jawa Pos Radar Kudus diterima sangat baik oleh semua peserta. Kegiatan ini sangat membantu terutama bagi anggota JFC MAN 2 Kudus untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka, terutama di era jurnalistik sekarang yang serba visual.

Sesi yang paling menarik adalah TalkShow yang dipandu Mala Kameela dari Radar Kudus dengan narasumber Ulin Nuha, dua pengurus Pena Muda dan dua pengurus dari JFC MAN 2 Kudus. Mereka berbagi pengalaman tentang tugas yang pernah didapat untuk meliput berbagai kegiatan yang berlangsung, seperti acara pada hari-hari penting; juga acara di sekitar madrasah, seperti kegiatan ekstrakurikuler, profil tokoh-tokoh penting di madrasah, prestasi kejuaraan lomba, serta peristiwa sosial yang menarik untuk diberitakan.

Disela acara TalkShow, hadir  tamu spesial yaitu Bapak Supriyanto selaku pendiri JFC MAN 2 Kudus, yang menceritakan tentang asal usul dari nama JFC dan seluk beluk penerbitan majalah El-Aman yang sampai sekarang sudah berusia 19 tahun dengan berhasil menerbitkan 19 edisi majalah. Hal menarik saat menceritakan pengalaman beliau yang sudah aktif menulis sejak duduk di bangku SMPN 1 Weleri dan menjadi Pimred Majalah Sekolah Resma SMAN 1 Kendal, sampai menjadi guru tetap mempunyai passion di bidang jurnalistik.

Selama berlangsungnya acara, peserta tidak hanya mendapatkan teori jurnalistik dari narasumber, tetapi juga diberi tugas menuliskan sebuah berita tentang apa yang didapat pada acara ini. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian cindera mata dan foto bersama.

By Intan AK& Chelsea (Anggota JFC Divisi Reporter).

5/5 (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *