Studi Tiru MAN Insan Cendekia Jambi di MAN 2 Kudus

Kudus –  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menerima tamu dari MAN Insan Cendekia Jambi untuk studi tiru pada Selasa 21 November 2023. Rombongan MAN Insan Cendekia Jambi berjumlah 5 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Guru Sejarah, Guru Bahasa Inggris, dan Staff.

Rombongan tamu diterima di ruang multimedia Perpustakaan Harun Al Rasyid MAN 2 Kudus. Kunjungan dari madrasah yang beralamat di Jl. Lintas Jambi No.KM. 21, Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36361 dan mempunyai visi “Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat” dipimpin oleh Kepala Madrasah Dr. Zakiah, M. E.Sy.

Acara studi tiru diawali dengan sambutan dari masing-masing wakil madrasah. Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyampaikan nilai-nilai keunggulan MAN 2 Kudus baik dalam aspek keagamaan, akademik, nonakademik, dan inovasi riset yang telah dikembangkan sebagai ikon keunggulan MAN 2 Kudus.

Ketua rombongan Kepala MAN Insan Cendekia Jambi Dr. Zakiah, M.E.Sy. dalam sambutannya menyampaikan tujuan studi tiru adalah ingin bersilaturahim dan ingin melihat lebih dekat bidang riset di MAN 2 Kudus yang telah menjadi ikon nasional madrasah berbasis riset. Maka tim pengembang riset MAN Insan Cendekia Jambi merasa perlu untuk menambah wawasan dan keilmuan riset dengan melakukan studi tiru di MAN 2 Kudus.

Acara dilanjutkan pemaparan apa dan bagaimana madrasah riset oleh tim guru riset MAN 2 Kudus yang disampaikan oleh koordinator divisi pengembangan riset dan teknologi MAN 2 Kudus, Ardian Awaludin, M.Si. Dalam paparan power point-nya beliau menjelaskan sistem pengembangan riset, pengelolaan, pembimbingan, pendanaan, sampai contoh-contoh penelitian siswa MAN 2 Kudus yang telah meraih juara dalam event lomba riset baik tingkat nasional maupun internasional.

Acara studi tiru berlangsung secara kekeluargaan. Acara lebih banyak diisi dengan sesi tanya jawab. Peserta rombongan dari MAN Insan Cendekia Jambi sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar pengembangan dan inovasi di madrasah.

Salah seorang peserta studi tiru Zulkhoir Siregar, M.Pd sebagai Guru Bahasa Inggris dan Pembina OSIS MAN Insan Cendekia Jambi memberikan kesan dan pesannya untuk MAN 2 Kudus. “MAN 2 Kudus luar biasa prestasinya. Harapannya MAN Insan Cendekia Jambi bisa berkolaborasi dengan tim riset MAN 2 Kudus secara berkelanjutan.”

Acara studi tiru dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak sebagai cindera mata. Acara studi tiru diakhiri dengan foto bersama dan rombongan langsung bertolak kembali ke Jambi.

5/5 (23)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *