Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MAN 2 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menghelat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H pada Selasa 3 Oktober 2023 di ITC (Indoor Tennis Centre) MAN 2 Kudus. Acara yang diprakarsai Ikatan Remaja Mushola Nurul Iman MAN 2 Kudus ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas X sampai XII, para pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Kudus.

Sebelum acara pengajian dimulai, terlebih dahulu diisi dengan orasi visi misi calon ketua organisasi siswa di MAN 2 Kudus. Yaitu calon ketua OSIS, MPK, Irmush, dan Dewan Ambalan Pramuka, yang mana minggu depan akan diadakan pemilihan secara demokratis.

Memasuki acara pengajian diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Maulid Al Barjanji dan sholawat oleh grup rebana Syauqunnada MAN 2 Kudus, menyanyikan bersama lagu sholawat Alamate Anak Sholeh, sambutan Kepala MAN 2 Kudus, serta mauidhoh khasanah oleh Ki Markonyik dan KH. Ilham Supriyanto, S.Pd.I, M.S.I. dari Pati.

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyampaikan agar kita selalu berakhlakhul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu Kamad berpesan pada semua siswa agar mencontoh akhlak Rasulullah SAW sebagai uswatun hasanah bagi umat Islam, yaitu dengan menjadi anak yang seholeh sholehah. Kemudian kamad bersama-sama siswa menyanyikan lagu sholawat Alamate Anak Sholeh yang akhir-akhir ini sedang viral.

Dalam mauidhoh khasanahnya, Ki Markonyik dan KH. Ilham Supriyanto, S.Pd.I, M.S.I. menjelaskan tentang pentingnya kita untuk membaca dan mempelajari sirah Nabi agar bisa meneladani akhlak Nabi dalam kehidupan sehari-hari, bisa lebih dekat dan lebih mencintai Rasulullah SAW. Beliau mengimbau kepada siswa-siswi MAN 2 Kudus untuk memperbanyak membaca sholawat sebagai salah satu bukti kecintaan kita pada Rasulullah SAW.

Penyampaian mauidhoh dikemas dalam bentuk dialog, diselingi dagelan dan humor, serta sholawatan bersama-sama, sehingga suasana pengajian terasa hidup, ceria dan komunikatif.

Acara peringatan Maulid Nabi di MAN 2 Kudus ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Ilham Supriyanto, S.Pd.I, M.S.I. Semoga kita semua bisa mencintai dan dicintai Rasulullah SAW, bisa meneladani akhlak dan sunah-sunahnya, serta memperoleh syafaatnya di yaumil akhir.

5/5 (34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *