MAN 2 Kudus Meraih Medali Perak Lomba FIKSI 2023

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus kembali menorehkan prestasi nasional di bidang riset. Yaitu meraih Medali Perak dalam ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Festival ini memasuki pelaksanaan kali ke-8 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI sendiri merupakan ajang pencarian talenta muda wirausaha yang kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan. Sasaran pelaksanaan FIKSI adalah siswa SMA/MA se-Indonesia yang memiliki semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan.

FIKSI tahun 2023 bertujuan untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

Lomba FIKSI tahun ini berlangsung pada 22 Mei 2023 sampai dengan 29 September 2023, grand finalnya berlangsung di Gedung SMESCO Jakarta. Seleksi meliputi seleksi proposal tahap 1 hingga tahap 3, EXPO, dan presentasi. Selain penjurian, acara ini juga mencakup pameran berbagai rencana usaha dan pengembangan usaha dari finalis FIKSI baik dari SMA, SMK, maupun MA. Penilaian dilakukan oleh juri dan pengunjung expo, yang memberikan penghargaan kepada booth terbaik dan paling kreatif.

Puncak acara FIKSI 2023 adalah penutupan dan pengumuman pemenang yang berlangsung pada hari Jumat, 29 September 2023, di Gedung SMESCO Jakarta. Delegasi MAN 2 Kudus dengan bangga membawa pulang Medali Perak (juara 2) untuk kategori Budidaya dan Lintas Usaha.

Tim riset  MAN 2 Kudus yang berhasil meraih Medali Perak atas nama Myiesha Ameera kelas XI IPA 5 dan Fatih Azzam Robbani XI IPA 4 dengan guru pembimbing Ekadina Dzawil Ulya, S.Pd. Judul karyanya adalah AIMSEED. Atas prestasinya ini tim riset MAN 2 Kudus memperoleh medali perak, sertifikat, dan uang pembinaan.

Produk yang mereka hasilkan adalah AIMSEED. Ini  merupakan upaya untuk mengembangkan produk kertas yang ramah lingkungan dari limbah blotong dan batang tebu. Selain itu, produk AIMSEED juga mengandung bibit tanaman sayuran yang dapat tumbuh jika dibuang ke dalam tanah yang lembab. AIMSEED menawarkan berbagai jenis produk, termasuk CARD Series, WEDDING CARD Series, dan TAG Series, yang dapat digunakan sebagai pupuk kertas atau untuk menumbuhkan tanaman sayuran. Produk ini memiliki potensi besar untuk menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan, memberikan manfaat baik bagi pemilik usaha AIMSEED maupun lingkungan.

Selama ajang FIKSI 2023, Myiesha Ameera dan Fatih Azzam Robbani mempresentasikan rencana usaha AIMSEED kepada dewan juri selama 10 menit dan menjawab pertanyaan dari juri selama 15 menit. Presentasi mereka juga mencakup demonstrasi penggunaan produk AIMSEED dan bagaimana bisnis ini dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan. Dengan pencapaian ini, Myiesha Ameera dan Fatih Azzam Robbani berharap untuk melanjutkan pengembangan AIMSEED sebagai bisnis yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi kedua siswanya yang berhasil meraih penghargaan tingkat nasional Medali Perak di ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik, baik di tingkat nasional maupun internasional. MAN 2 Kudus akan terus memberikan kesempatan dan fasilitas kepada peserta didik untuk mengembangkan karya-karyanya melalui berbagai ajang lomba, baik lomba akademik maupun nonakademik.

5/5 (42)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *