MAN 2 Kudus Borong Empat Kejuaraan Madrasah Fest 2023

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus berhasil meraih empat kejuaraan dalam ajang lomba Madrasah Fest 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili kabupaten Kudus. Lomba berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 4 sampai 6 Juli 2023 secara daring melalui media zoom. Kejuaraan ditetapkan oleh dewan juri dan dibacakan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Faridi, pada tanggal 7 Juli 2023, pukul 16.00 melalui media zoom.

Dari delapan cabang yang diwakili MAN 2 Kudus, ada empat cabang yang berhasil menetas. Kejuaraan pertama dalam cabang lomba Islamic Issues Debate Contest meraih juara pertama atas nama Ajwad Taqi Mafaza (XII Bahasa), Tsania Fatimah Az Zahra (XII Bahasa), dan Aliena Anaqu Arung Pasisir (XII IPA 4) dengan para pembimbing Miftakhuddin, Shobah Muqorrobin, dan M. Rofiqul Anam. Kejuaraan yang kedua dalam cabang lomba Student Chef meraih juara pertama atas nama Labibatun Nisa (XII IPA 1) dan Tseni Rahma Junalia (XII IPA 1) dengan pembimbing Soehartati.

Kejuaraan ketiga dalam cabang lomba Calligraphy Fest meraih juara dua atas nama Najwa Salsabila Husna (XI IPA 1) dengan pembimbing Amin Said. Kejuaraan keempat pada cabang lomba Explaining Holy Qur’an meraih juara dua atas nama Habibi Choiron Nashar (XI IPA 6), Azmi Wulan Nirwasitasari (XII IPA 7), dan Salwa Nahdan Salsabila (XII IPA 6), dengan para pembimbing, Widya Hastuti Ningrum, Izzatul Milla, dan Imamul Mujahidin.

Ada 24 cabang lomba yang diselenggarakan dalam ajang madrasah fest ini, yang diikuti dari berbagai jenjang, mulai tingkat MI, MTs, dan MA. Selama persiapan hanya satu minggu, MAN 2 Kudus yang mewakili delapan cabang lomba langsung mengambil sikap untuk mengirimkan potensi-potensi peserta didik terbaik dengan para pembimbing yang berkompeten. Meskipun dalam situasi liburan, mereka datang dari berbagai kota untuk karantina di boarding school Darul Adzkiya MAN 2 Kudus. Mereka terlatih, terawasi, terjadwal secara intensif oleh para pembimbing.

Kepala MAN 2 Kudus, Shofi, sangat bangga dengan capaian ini, karena anak-anak di bidang agama tetap mempertahankan kompetensinya sebagai marwah madrasah yang islami dan religius. MAN 2 Kudus tidak hanya terbukti eksis di bidang riset, tetapi kompetensi di semua bidang mampu membuktikan kualitas dan eksistensinya.

5/5 (42)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *