Penghargaan Guru Aktif Literasi Nasional dan Duta Literasi MAN 2 Kudus

Kudus – Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus raih tiga penghargaan sekaligus sebagai guru Pembina Literasi Nasional, Guru Aktif Literasi Nasional, dan penulis nasional, pada hari ini, Senin, 22 Mei 2023 dari Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional Nyalanesia. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. kepada Widya Hastuti Ningrum, S.Pd., M.Pd., guru bahasa Indonesia MAN 2 Kudus.

Bersama guru-guru aktif literasi nasional se-Indonesia, Widya yang berperan sebagai koordinator tunggal, literasi di MAN 2 Kudus telah membentuk barisan literasi yang beranggotakan 50 siswa berdasarkan penjaringan karya terbaik. Kemudian, secara berkala mereka dibekali dengan pemahaman dan keterampilan menulis. Selama kurang lebih tujuh bulan berproses, mulai dari penentuan tema, teknik merangkai diksi dalam bait puisi, sampai pada pengumpulan karya. Adapun pengeditan naskah dari sekian banyak kaeya, Widya memilih menjadi kurator dan editing naskah sendiri. Untuk sinkronisasi makna, penulisan, dan ejaan, Widya tak segan untuk memanggil dan berdebat dengan pengarangnya untuk mendapatkan kesatuan makna yang terangkai dalam diksi yang indah.

Tahun 2022, dimotori oleh OSIS MAN 2 Kudus departemen pendidikan, bertekat untuk mengikutkan kegiatan habituasi literasi ini bergabung dengan GSMB Nasional. Ini tentu kegiatan yang sangat menantang dan tentu karya yang kita kirimkan bukanlah karya yang bisa dikatakan abal-abal. “Orisinalitas karya, tentu menjadi perhatian utama dalam berkarya,” tutur Widya.

GSMB juga memberikan penilaian terhadap karya-karya siswa dan terpilih 3 karya terbaik yang ditetapkan sebagai duta literasi dengan urutan juara pertama, Rayhanun Naila Zinda kelas XI program bahasa, dengan judul karya Generasi di Ujung Tanduk, juara dua, Faisa Azaria, kelas X-8, dengan judul karya Impian Para Dewa dan Daviena Aulia Nabalah, kelas XI IPA 3, dengan judul karya Sajak Bercerita.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag., memberikan motivasi kepada seluruh guru, tenaga kependidikan, dan seluruh siswa agar terus berinovasi aktif, mengembangkan karya bidang literasi untuk kemajuan pendidikan di madrasah dan berguna bagi peserta didik.

5/5 (34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *