Studi Tiru MAN 1 Garut di MAN 2 Kudus

Kudus –  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menerima tamu dari MAN 1 Garut untuk studi tiru pada Senin, 27 Februari 2023. Rombongan MAN 1 Garut berjumlah 78 orang yang terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru-guru serta siswa. Rombongan diterima di ruang Laboratorium Riset Terpadu Lantai 4 MAN 2 Kudus. Kunjungan dari madrasah yang beralamat di Jalan Ahmad Yani, Koropeak Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan mempunyai visi “Terwujudnya insan terdidik yang unggul dalam IMTAK (iman dan takwa), IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan kemandirian” dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Drs. Wawan Sofyan.

Acara studi tiru diawali dengan sambutan dari masing-masing kepala madrasah. Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut baik kehadiran studi tiru dari MAN 1 Garut yang datang jauh-jauh dari Jawa Barat. Slide presentasi enam area zona integritas yang sebelumnya pernah dipresentasikan ketika desk evaluasi dengan tim penilai dari MenpanRB disampaikan secara jelas dan lengkap.

“Biasanya studi tiru hanya diwakili beberapa orang guru dan pegawai, tetapi MAN 1 Garut memberangkatkan semua guru dan pegawainya layaknya “bedhol desa”. Untuk meraih predikat WBK butuh perjuangan, keseriusan dan kekompakan. Institusi pendidikan madrasah harus bisa maju bersama meraih prestasi zona integritas dan menyandang predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi), sehingga madrasah menjadi pilihan terbaik masyarakat dalam mendidik putra-putrinya”, pesan Kepala MAN 2 Kudus.

Kepala MAN 1 Garut dalam sambutannya menyampaikan tujuan studi tiru adalah ingin bersilaturahim dan ingin studi edukasi kepada MAN 2 Kudus terkait zona integritas. Harapannya edukasi yang diperoleh di MAN 2 Kudus tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan dan informasi, tetapi yang lebih penting adalah memberikan motivasi dan bisa diadopsi di madrasah yang dipimpinnya sehinga bisa meraih predikat WBK seperti MAN 2 Kudus.

Acara selanjutnya adalah pemaparan apa dan bagaimana zona integritas yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum sekaligus Ketua Tim Zona Integritas MAN 2 Kudus, Azhar Latif, S.T. Peserta rombongan dari MAN Garut sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar zona integritas.

Agar lebih intensif, maka forum diskusi group dibagi dalam enam kelompok yaitu zona 1 sampai zona 6 sesuai pembagian yang ada dalam Zona Integritas. Masing-masing peserta zona dari MAN 2 Kudus dan MAN 1 Garut membentuk kelompok kecil untuk saling berdiskusi.

Salah seorang peserta studi tiru dari MAN 1 Garut, Anang Rustaman, wakil kepala madrasah bidang humas dan keagamaan, memberikan kesannya untuk MAN 2 Kudus. “MAN 2 Kudus luar biasa. Ketika sampai pintu gerbang kami sudah mencium aroma Zona Integritas dan Wilayah Bebas dari Korupsi yang nampak dari banyaknya banner dan ornamen. Pesan untuk MAN 2 Kudus, meski inovasi dan prestasi yang diraih sudah banyak, MAN 2 Kudus hendaknya jangan pernah berhenti berinovasi. Teruslah berinovasi demi prestasi dan pelayanan yang jauh lebih baik lagi”.

5/5 (43)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *