Studi Tiru MAN Kota Surabaya di MAN 2 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menerima tamu dari MAN Kota Surabaya untuk studi tiru pada Jum’at, 20 Januari 2023. Rombongan MAN Kota Surabaya berjumlah 35 orang yang terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru-guru tim Zona Integritas, serta pengurus komite diterima di ruang Hall Lantai 4 Laboratorium Riset Terpadu MAN 2 Kudus. Kunjungan dari madrasah yang beralamat di Jl. Wonorejo Timur No. 14, Rungkut, Surabaya dan mempunyai visi Terwujudnya Insan yg Beriman, Berakhlak, dan Berprestasi dengan slogan “Religious dan Competent” dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Drs. Fathorrakhman, M.Pd.

Acara studi tiru diawali dengan sambutan dari masing-masing kepala madrasah. Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut baik kehadiran studi tiru dari MAN Kota Surabaya yang datang jauh-jauh dari Jawa Timur. Secara jelas dan lengkap Kepala MAN 2 Kudus memaparkan slide presentasi enam area Zona Integritas yang sebelumnya pernah dipresentasikan ketika desk evaluasi dengan tim penilai dari MenpanRB.

“Institusi pendidikan madrasah harus bisa maju bersama meraih prestasi Zona Integritas dan menyandang predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi), sehingga madrasah menjadi pilihan terbaik masyarakat dalam mendidik putra-putrinya”, pesan Kepala MAN 2 Kudus.

Kepala MAN Kota Surabaya dalam sambutannya menyampaikan tujuan studi tiru adalah ingin bersilaturahim dan ingin studi edukasi kepada MAN 2 Kudus terkait Zona Integritas. Harapannya edukasi yang diperoleh di MAN 2 Kudus tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan dan informasi, tetapi yang lebih penting adalah memberikan motivasi dan bisa diadopsi di madrasah yang dipimpinnya sehingga bisa meraih predikat WBK seperti MAN 2 Kudus.

Acara selanjutnya adalah pemaparan apa dan bagaimana Zona Integritas yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum sekaligus Ketua Tim Zona Integritas MAN 2 Kudus, Azhar Latif, S.T. Peserta rombongan dari MAN Kota Surabaya sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar Zona Integritas.

Agar lebih intensif, maka forum diskusi group dibagi dalam enam kelompok yaitu zona 1 sampai zona 6 sesuai pembagian yang ada dalam Zona Integritas. Masing-masing peserta zona dari MAN 2 Kudus dan MAN Kota Surabaya membentuk kelompok kecil untuk saling berdiskusi.

Salah seorang peserta studi tiru dari MAN Kota Surabaya, Wiwin Siswinarni, S.Pd., M.Pd. wakil kepala bidang Humas MAN Kota Surabaya, memberikan kesannya untuk MAN 2 Kudus. “Guru-guru MAN 2 Kudus luar biasa baik dan ramah dalam penerimaan dan penyambutan terhadap tamu. Saya berpesan agar MAN 2 Kudus sebagai madrasah yang maju dan banyak prestasinya terbuka untuk berbagi ilmu tentang semua hal termasuk PMPZI kepada madrasah lainnya, sehingga madrasah lainnya juga bisa ikut maju berkembang dan bertambah prestasinya”.

Acara studi tiru diakhiri dengan foto bersama, penyerahan cindera mata, dan ramah tamah secara kekeluargaan.

5/5 (41)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *