Desk Evaluasi Penilaian Zona Integritas MAN 2 Kudus oleh Kementerian PANRB
Kudus – Desk Evaluasi Penilaian Zona Integritas MAN 2 Kudus menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN/RB) berlangsung pada hari Kamis, 29 September 2022, pukul 13.00 sampai dengan 14.30 WIB. Kegiatan diadakan di ruang UPBA (Unit Pengembangan Bahasa Asing) MAN 2 Kudus.
Desk evaluasi yang berlangsung ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media video conference zoom meeting, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pemaparan hasil pembangunan Zona Integritas disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag dan didampingi oleh Kepala Tata Usaha Evy Shofana, S.Ag. M.M., Agen Perubahan Saifudin, S.Pd, wakil kepala madrasah, dan seluruh tim kerja ZI MAN 2 Kudus.
Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBK yang diselenggarakan oleh Tim Penilai Nasional (TPN). Kegiatan dibuka oleh Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan RB RI dan evaluator.
Kepala MAN 2 Kudus Drs. Shofi, M.Ag. dalam presentasinya memaparkan tentang proses pembangunan Zona Integritas yang meliputi dokumen komponen pengungkit dan komponen hasil serta eviden sebelum dan sesudah penerapan zona integritas. Pada komponen pengungkit terdiri dari dari 6 Area yaitu: (1) Manajemen Perubahan, (2) Penataan Tata Laksana, (3) Sistem Manajemen SDM, (4) Penguatan Pengawasan, (5) Penguatan Akuntabilitas, dan (6) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
Presentasi kepala madrasah yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit menjelaskan dengan mantap keadaan riil di MAN 2 Kudus terutama terkait eviden before-after, program dan capaian serta inovasi dari pelaksanaan Zona Integritas.
Setelah melakukan pemaparan dan presentasi capaian Zona Integritas oleh kepala madrasah, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh Tim Evaluator Kemenpan RB, lebih khusus pertanyaannya mengarah kepada pelayanan publik dan inovasinya, duplikasi inovasi oleh madrasah lain, pengaduan masyarakat, serta survey pelayanan publik.
Alhamdulillah seluruh pertanyaan bisa dijawab oleh kepala madrasah dibantu tim ZI MAN 2 Kudus dengan baik dan lancar. Kegiatan desk evaluasi berlangsung selama 1,5 jam dan diakhiri dengan ucapan rasa syukur karena kegiatan ini bisa berlangsung dengan khidmat dan lancar. Semoga MAN 2 Kudus bisa sukses menjadi wilayah yang bebas korupsi, gratifikasi, dan mempunyai pelayanan publik yang prima, sukses meraih predikat WBK dan WBBM. Aamiin.