MAN 2 Kudus Raih Juara 1 di Ajang Food Engineering Festival ITB 2021

Kudus-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus raih Juara pertama lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional dalam “Food Engineering Festival 2021” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pangan Institut Teknologi Bandung (ITB) 2021. Lomba karya tulis ilmiah ini mengusung tema “Pemanfaatan Sumber Daya Lokal dalam Inovasi Pangan untuk Mewujudkan Industri Pangan Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif”, diharapkan dengan diadakan kegiatan ini dapat menciptakan generasi muda yang peduli terhadap melimpahnya sumber daya lokal sebagai potensi untuk mewujudkan industri pangan baik skala kecil maupun besar.   

Lomba ini diselenggarakan secara online pada bulan Juli sebagai batas pendaftaran dan pengumuman finalis pada bulan Agustus 2021, dilanjutkan presentasi sekaligus pengumuman kejuaraan pada tanggal 4 September 2021.

Dalam kejuaraan ini, atas nama Nadia Nur Nisrina dan Elysia Khusna Ardianti kelas 12 MIPA 6, dengan bimbingan Ekadina Dzawil Ulya, S.Pd, sebagai perwakilan dari MAN 2 Kudus mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan dan e-certificate. Judul yang diangkat Nadia dan Lili dalam perlombaan ini adalah “Jangtteok : Pemanfaatan Jangklong dalam Pembuatan Tteokbokki sebagai Upaya Pemenuhan Serat Pangan”.

Ide riset ini muncul dari kebutuhan serat pangan yang dapat mengurangi jumlah malnutrisi di Indonesia. Dengan memanfaatkan potensi daerah Kota Kudus berupa umbi Jangklong, Nadia dan Lili menginovasikan sebuah produk pangan fortifikasi dalam pembuatan produk pangan yang kini sedang kekikinian, berupa tteokbokki dari umbi jangklong. Selain itu dengan harga pasaran Jangklong yang fluktuatif dan pemanfaatannya yang masih kurang variatif, Nadia dan Lili berharap dengan adanya Jangtteok (Jangklong Tteokbokki) ini dapat meningkatkan nilai jual umbi Jangklong di Indonesia.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag., dalam tanggapannya mengatakan, “Hasil karya anak-anak MAN 2 Kudus  semakin inovatif merambah pada pengolahan makanan yang mudah dijangkau tetapi berkualitas tinggi. Jangtteok salah satu solusi produktif yang membanggakan dan patut kita syukuri,” ungkap beliau dengan bangga.

Wartamandaku/06/09/21

5/5 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *