MAN 2 Kudus
NewsZona Integritas

MAN 2 Kudus Studi Tiru ke Kanwil Kemenag Bali, Gali Ilmu WBBM, Pelayanan Publik Prima dan Pelayanan Kelompok Rentan

Denpasar, Bali — Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola lembaga, MAN 2 Kudus melakukan studi tiru ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari strategi meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), pelayanan publik prima, serta pelayanan untuk kelompok rentan. (25/8)

Rombongan dari MAN 2 Kudus salah satu Ketua Zona Integrits Azhar latif dan didampingi ketua Tim Kelembagaan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah disambut hangat oleh Tim Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Bali, yang dipimpin oleh Wina Maya Lestari.

Dalam sambutannya, Wina menegaskan bahwa kunci utama dalam meraih predikat WBBM adalah komitmen kuat dari seluruh jajaran, membangun mindset pelayanan sepenuh hati, serta secara konsisten mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas bagi pegawai. Selain itu, instansi juga harus terus mendorong inovasi pelayanan, serta aktif mengikuti kompetisi dan evaluasi pelayanan publik di berbagai tingkatan.

“Meraih WBBM bukan sekadar target administratif, tapi sebuah transformasi budaya kerja. Pelayanan harus menyentuh semua lapisan, termasuk kelompok rentan,” ujar Wina.

Studi tiru ini menjadi bagian dari ikhtiar MAN 2 Kudus untuk menyiapkan sistem pelayanan yang lebih adaptif, inklusif, dan profesional dalam lingkup madrasah. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada pihak yang tertinggal dalam mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Sesuai dengan Asta cita yakni Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kesetaraan Gender. Kegiatan diakhiri dengan diskusi interaktif, tinjauan secara langsung di lapangan dan sharing praktik baik antar-instansi.

Diharapkan, hasil dari kunjungan ini dapat menjadi inspirasi nyata bagi MAN 2 Kudus untuk membangun budaya pelayanan prima, menumbuhkan semangat inovasi, serta memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan madrasah yang bersih, melayani, dan berdaya saing tinggi.

Dengan semangat perubahan yang berkelanjutan, MAN 2 Kudus menatap masa depan sebagai lembaga pendidikan yang tak hanya unggul dalam prestasi, tetapi juga prima dalam pelayanan publik.

5/5 (7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *