MAN 2 Kudus Raih Lima Medali pada Ajang KoSSMI 2022

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus kembali menorehkan prestasi nasional di bidang  akademik. Kali ini dalam ajang bertaraf nasional Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) yang diselenggarakan ABACK Academy di bawah naungan pakar olimpiade Indonesia, Prof. Yohanes Surya. Kompetisi ini diikuti oleh peserta se-Indonesia yang diawali babak penyisihan pada bulan Maret 2022.

Total terdapat lebih 6000 peserta yang kemudian disaring untuk mengikuti semifinal pada April 2022 yang dilakukan secara daring. Babak final KoSSMI diadakan pada Sabtu (4/6) di Universitas Al Azhar, Jakarta. Peserta yang berhak mengikuti final secara langsung di Jakarta sebanyak 45 setiap mapelnya. Mereka memperebutkan medali emas, perak, perunggu, dan Honorable Mention. Masing-masing finalis harus menyelesaikan 15 soal yang terdiri dari 10 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Dengan persiapan yang matang peserta MAN 2 Kudus berangkat ke Jakarta dengan para pembimbing selama dua hari untuk mengikuti babak final.

Ajang kompetisi KoSSMI 2022 diadakan dalam 4 level, yaitu Level 1. Ibnu Sina (kelas 1-3 SD/MI/Sederajat), Level 2. Alkhawarizmi (kelas 4-6 SD/MI/Sederajat), Level 3. Jabir Ibnu Hayyan (kelas 7-9 MTs/SMP/Sederajat) dan Level 4. Ibnu Haitham (kelas 10-12 MA/SMA/Sederajat).

MAN 2 Kudus yang meraih lima medali dalam ajang KoSSMI 2022. Satu siswa meraih medali Honorable Mention pada bidang studi Matematika atas nama M. Binar Raffi L. dari kelas XI IPA 4 BCS Sains Boarding, dengan guru pembimbing  Qomarul Hana A, M.Pd. Satu orang siswa meraih medali Perak pada bidang studi Fisika atas nama M. Zia Alby Wafaq dari kelas XI IPA 3 BCS Sains Boarding, dengan guru pembimbing Masbukori, S.Pd. M.PFis. Tiga orang  siswa meraih medali perunggu semuanya pada bidang studi Kimia, yaitu Arly Aulia Azka dari kelas XI IPA 5 BCS Sains NonBoarding, Nurin Safinatun N. dari kelas XI IPA 4 BCS Sains Boarding, dan Alvina ‘Aisya Nabila dari kelas XI IPA 6 BCS Sains NonBoarding.  Adapun guru pembimbing bidang studi Kimia adalah Sri Indrawati, M.Pd.

Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi mengagumkan kelima siswanya yang berhasil meraih lima medali penghargaan tingkat nasional dalam ajang Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI)  2022, serta mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu guru pembimbing atas jerih payahnya dengan tekun membimbing para siswa, serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang akademik, nonakademik, di tingkat nasional maupun internasional.

Wartamandaku/07/06/2022

5/5 (5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *