Siswa MAN 2 Kudus Ikuti English Camp ke Kampung Inggris Pare Kediri

Kudus – English Camp merupakan salah satu program kerja unggulan BCS (Bilingual Class System)  Program Bahasa MAN 2 Kudus yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris (speaking skill) secara aktif peserta didik dalam ruang lingkup sosial kemasyarakatan dengan metode Camp Activities (perkemahan). Pada kesempatan kali ini, English Camp 2021 dilaksanakan pada tanggal 11-18 Desember 2021di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur, berkolaborasi dengan lembaga kursus bahasa Inggris terbaik di Pare, Language Center (LC).

Dalam program ini, fokus kegiatan pada penguasaan kemampuan berbicara (speaking skill), pelafalan kosa-kata (pronunciation) dan struktur kalimat (grammar).  Sejumlah 35 peserta didik dari kelas XII Bahasa T.P 2021/2022 mengikuti program English Camp 2021 ini. Mereka menempati camp (asrama) terpisah antara peserta didik laki-laki dan perempuan yang secara langsung didampingi oleh tutor LC yang tinggal juga di camp.

Dalam kesehariannya, para peserta English Camp diwajibkan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dalam berkomunikasi sehari-hari. Jika ditemukan pelanggaran peraturan tersebut, mereka akan dikenakan denda atau mendapatkan hukuman yang berlaku.

Terdapat dua pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam program ini, yaitu program terstruktur di kelas (main class) dan program di camp (evening class). Dalam program main class, siswa dikelompokkan menjadi 11-12 peserta didik sesuai dengan hasil placement test yang dilakukan sebelumnya. Treatment diberikan kepada kelompok kelas dengan berbagai metode pengajaran yang menyenangkan (fun learning) sessuai dengan konsep “Merdeka Belajar”.

Selain itu, untuk mencairkan susasana, para tutor  main class juga memberikan stimulus berupa game yang bisa mendorong keberanian para peserta untuk berbicara dalam menggunakan Bahasa Inggris. Di camp sendiri, kegiatan setoran kosakata (vocabulary submission) yang dilaksanakan setalah shalat Maghrib dan Shalat Subuh berjamaah.

Selain kegiatan akademis, para peserta didik juga melakukan kegiatan outbond untuk me-refresh pikiran mereka, dengan berbagai macam game fisik seperti senam pagi, Tarik tambang, estafet botol, dan joget balon.  Di akhir kegiatan, para peserta didik diwajibkan untuk mempresentasikan bakat (talent/skill) mereka dihadapan para tutor/guru pendamping dan juga audiens dalam pergelaran ajang kompetisi Camp Night Farewell Party.

Beberapa peserta didik mempresentasikan karya mereka, seperti membaca puisi dalam Bahasa Inggris (poetry reading), menyanyikan lagu berbahasa Inggris (singing a song) secara solo, duet, atau group, selain kolaborasi lagu dan modern and taraditionalo dance, seperti tari Kretek dari Kudus. Dari hasil penjurian yang cukup ketat, juara I diraih oleh Penampilan duo tari Kretek, disusul juara 2 grup koreografi menggunakan gelas plastik (cup song), dan juara 3 grup musical drama-modern dance.

Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. berharap ilmu bahasa Inggris yang diperoleh siswa jurusan bahasa di Kampung Inggris ini bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dan terus dikembangkan agar siswa semakin pintar dan terampil dalam berbahasa Inggris. Ke depan diharapkan anak-anak mampu bersaing di dunia global.                                                                                                

Wartamandaku/25/12/21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *