SISWA MAN 2 KUDUS LULUS KE NEGERI KINANAH

Kudus – pascaseleksi beasiswa dan non beasiswa S1 perguruan tinggi luar negeri (Mesir, Sudan, Maroko, dan Lebanon) pada tanggal 25 Mei 2018 di daerah masing-masing yang terbagi menjadi beberapa tempat dan daerah di seluruh Indonesia, bertepatan itu pula sebanyak 11 siswa dari MAN 2 Kudus mengikuti seleksi tersebut yang terdiri 9 siswa dengan tujuan Mesir lulusan tahun 2018 dan 2 siswa tujuan yang sama dari lulusan tahun 2017.

Secara keseluruhan sebelas siswa mengikuti seleksi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, didampingi oleh pembimbing dan diantar oleh ELF MAN 2 Kudus.

Sebelum pelaksanaan seleksi tersebut, mereka dilatih dan dibimbing dalam program intensif pemantapan masuk perguruan tinggi Timur Tengah bersama pengajar MAN 2 Kudus. Adapun materi yang diajarkan adalah Balaghoh, Tahfidz, Nahwu, Hiwar/Simaah, Shorof, dan Qiraah/Kitabah yang berlangsung dari bulan Mei s.d. Juni 2018.

Alhamdulillah! Pada pengumuman tertanggal 5 Juli 2018, 4 siswa MAN 2 Kudus lulus seleksi non beasiswa S1 perguruan tinggi luar negeri dengan tujuan Universitas Al Azhar Mesir. Adapun para siswa MAN 2 Kudus yang lulus dari 1468 peserta seleksi non beasiswa/mandiri adalah sebagai berikut;

  1. Ahmad Faik Setiawan dengan peringkat 508 dari kelas XII IIK
  2. Muhammad Haidar Syauqi Adnan peringkat 706 dari kelas XII IIK
  3. Nur Zaky Maula dengan peringkat 839 dari kelas XII IIK
  4. Rizki Tamlikhul Fajri dengan peringkat 1250 dari kelas XII IIK

Selanjutnya bagi yang lulus beasiswa maupun non beasiswa untuk mekanisme pengurusan dokumen, pendaftaran, pemberangkatan, dan penempatan di asrama Indonesia Mesir menghubungi Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional – Indonesia di Markaz Al-Azhar li Dirasat al-Quraniyah (Bayt al-Quran) Jakarta.

Drs. H. Shofi, M.Ag. mengapresiasi hasil yang didapat para siswa MAN 2 Kudus, jadi hasil tersebut membuktikan bahwa madrasah tetap memperhatikan kualitas output yang akan bersaing di dunia global. Mengucapkan selamat & mendoakan para siswa agar menjaga nama baik madrasah serta selalu meningkatkan ilmu pengetahuan sesuai bakat minat yang dimiliki. Selamat belajar wahai para pencari ilmu di negeri Kinanah! Ucap kepala madrasah.

Syauqi, salah satu peserta dari MAN 2 Kudus mengutarakan sangat terharu dan bangga telah lulus serta akan menjadi mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir Tahun Pelajaran 2018/2019. Dia mengungkapkan bahwa selama ini berharap menjadi mahasiswa luar negeri khususnya Universitas Al Azhar Mesir, dengan mengikuti seluruh mata pelajaran yang membantu cita-cita tersebut dan sangat mengidolakan salah satu pengajar MAN 2 Kudus lulusan Universitas Al Azhar Mesir.

Adapun tips-tips yang dia berikan sesuai pengalaman yang dialami selama persiapan dan seleksi untuk para penerus khususnya adik-adik kelas MAN 2 Kudus adalah sebagai berikut;

  1. Persiapkan Ilmu Bahasa Arab (Qira’ah, Ta’bir, Nahwu, Sharf dan Balaghah) dan hafalan al-Quran, di harapkan sudah mutqin untuk hafalan al-Quran, minimal 2 Juz.
  2. Minta doakan sama orang tua atau para guru agar diberi kemudahan
  3. Tidak grogi tatkala melihat soal cobalah untuk tenang, jangan sampai ada yang kosong pada lembaran jawaban usahakan terisi penuh dan jawablah dengan benar.
  4. Perhatikan soal insya’ (membuat karangan) usahakan untuk mengisi dengan penuh karena nilai tertinggi biasanya dari soal insya’.
  5. Usahakan cekatan dalam memperhitungkan waktu, jangan sampai waktu habis, sedangkan lembar jawaban masih kosong.
  6. Jujurlah ketika ditanya jangan bohong.
  7. Setelah selesai semua, perbanyak doa. Apalagi di waktu-waktu mustajab, seperti pada 1/3 malam terakhir, antara adzan dan iqomat, pada hari jum’at, dsb.

Apabila segala upaya yang kalian lakukan telah maksimal, serta doa telah kalian panjatkan. Serahkan hasilnya kepada Allah Swt., jika hasil itu sesuai dengan keinginanmu, maka yakinlah bahwa itu yang terbaik buat kalian. Dan apabila hasil itu tidak sesuai dengan apa yang kalian inginkan, maka tetaplah optimis bahwa Allah mempunyai rencana yang lain dan lebih baik di balik itu semua.

Akhirnya kepada ananda kami ucapkan selamat dan sukses ketika belajar disana nanti. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan berguna bagi nusa bangsa serta agama. Amin!

“DARI MANDAKU MENYAPA DUNIA”

 

SMD ’83-M2K

 

5/5 (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *