KUNJUNGAN PENDIDIKAN MAN 2 LAMONGAN

Selasa, 17 Oktober 2017, MAN 2 Kudus kedatangan tamu dari MAN 2 Lamongan Jawa Timur. Kunjungan ini merupakan kali pertama dan sangat dinantikan bagi MAN 2 Lamongan. Rombongan tiba di halaman MAN 2 Kudus tepat pukul 08.00 WIB. Kemudian mereka diarahkan ke Operation Room.

Pada pukul 08.30 acara dibuka oleh Bapak Moh. Chumaedi, S.Pd. selaku pembawa acara, dilanjutkan sambutan dari kepala MAN 2 Lamongan Bapak Drs. H. Abdul Hakim, M.Pd. Beliau  menyampaikan maksud kunjungan yakni silaturahim dan kunjungan pendidikan perihal sistem  pendidikan di MAN 2 Kudus. Tak lupa, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada MAN 2  Kudus atas penerimaan kunjungan dari MAN 2 Lamongan.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari kepala MAN 2 Kudus, Bapak Drs. H. Ahmad Rif’an, M.Ag. mengucapkan selamat datang kepada rombongan MAN 2 Lamongan. Selain itu, beliau  mengenalkan profil MAN 2 Kudus beserta prestasi yang pernah diraih baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kemudian, acara dilanjutkan tanya jawab. Dialog pertama membahas kehumasan “Apa saja kiat-kiat yang dilakukan humas untuk meningkatkan citra madrasah?”. Jawaban dari pertanyaan ini  adalah humas harus berkontribusi sepenuhnya terhadap madrasah dengan melaksanakan tugas  secara optimal.

Dialog kedua membahas literasi perpustakaan “Apa upaya yang dapat dilakukan madrasah ketika kondisi perpustakaan sangat terbatas?”. Jawabannya adalah literasi tidak hanya berada di perpustakaan. Bisa saja di dunia semu yaitu internet. Maka, jika kondisi demikian terjadi madrasahdapat menyediakan hotspot wi-fi bagi para siswa.  Dengan itu, siswa  dapat dengan bebas  mengakses informasi pengetahuan yang dibutuhkan.

Dialog ketiga berkaitan dengan bagaimana cara MAN 2 Kudus mengantarkan siswa ke Perguruan Tinggi Negeri. Pertanyaan dijawab oleh Bapak Kepala MAN 2 Kudus “Kami mengadakan simulasi  ujian saringan masuk perguruan tinggi untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Kemudian kami mengarahkan siswa untuk memilih perguruan tinggi yang mungkin dapat dimasuki  berdasarkan tingkat kemampuan yang mereka miliki.”

Acara terakhir yakni serah terima cindera mata. Tepat pukul 11.00 acara berakhir dan ditutup dengan do’a. Rombongan dipersilakan melakukan observasi akademik maupun observasi  lapangan. Adapun observasi akademik, para tamu ditemani oleh kelompok dimasing-masing  bidang. Observasi berjalan lancar dan berakhir ketika adzan Dhuhur berkumandang. Rombongan diarahkan ke Mushola Nurul Iman untuk melaksanakan shalat dhuhur berjamaah. Setelah itu,  rombongan meminta izin pamit undur diri.

Kunjungan ini menunjukkan bahwa MAN 2 Kudus menjadi panutan bagi madrasah lainnya. Untuk itu, semoga MAN 2 Kudus tetap jaya, semakin mendunia dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *