Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Launcing Madrasah Riset dan Madrasah Akademik MAN 2 Kudus

Kudus-MAN 2 Kudus mengadakan acara Launching Madrasah Riset dan Madrasah Akademik  pada hari Jumat, 7 Mei 2021 di auditorium MAN 2 Kudus.  Hal ini berdasarkan SK Dirjen Pendis No. B-3031/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/12/2020 tentang penunjukan MAN 2 Kudus sebagai Madrasah Riset dan SK. Dirjen Pendis No. B-1207/DJ.I/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/2021 tentang penunjukan MAN 2 Kudus sebagai Madrsah Akademik.

          Hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Akhmad Muzakir, Kasi Penma Kemenag Kudus, Kafid, Pengawas Pendidikan, Sa’udin, Kepala MAN 2 Kudus, Shofi, jajaran komite serta para pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Kudus.

          Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus, Shofi, bersyukur atas perolehan nilai akreditasi MAN 2 Kudus dapat nilai 98, lolos penilaian WBK – PMPZI tahap pertama, masuk 10 besar madrasah yang siswanya paling banyak diterima di PTN berdasarkan LTMPT, serta banyaknya prestasi riset dan akdemik baik tingkat nasional maupun internasional.  Shofi juga melaporkan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2021/2022 sudah berlangsung dengan lancar.  Pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka juga berlangsung dengan baik, meskipun para pendidik dan tenaga kependidikan belum divaksin. Shofi berharap agar para pendidik dan tenaga kependidikan bisa segera divaksin agar pembelajaran tatap muka di MAN 2 Kudus bisa lebih mantap dan sesuai prokes yang ditetapkan oleh pemerintah.

          Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, dalam sambutannya mengapreasiasi atas begitu banyaknya prestasi yang diraih oleh MAN 2 Kudus. Setelah mendapat predikat unggulan dalam bidang riset dan predikat unggulan dalam bidang akademik dari Dirjen Pendis Kemenag RI, maka sudah sepatutnya MAN 2 Kudus sebagai madrasah uswatun hasanah bagi madrasah-madrasah lain.  Percontohan dalam zona integrias, prestasi siswa dan gurunya, kualitas lulusan, kurikulum riset dan kurikulum akademik.  Tidak lupa juga MAN 2 Kudus dalam pembelajaran tatap muka harus bisa menjadi percontohan dalam menerapkan protokol kesehatan 5 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi sosial).

Semoga MAN 2 Kudus bisa menjadi madrasah yang semakin maju, semakin berprestasi, Majeng (moderat, akuntabel, jernih dan ngayomi), semakin bermanfaat untuk masyarakat serta benar-benar bisa menjadi uswatun hasanah bagi madrasah-madrasah lainnya.

Wartamandaku/07/05/2021

5/5 (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *