SEPUTAR PPDU MAN 2 KUDUS

Penerimaan peserta didik baru melalui jalur Peserta Didik Unggulan (PPDU) MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2019/2020  telah di tutup pada tanggal 8 Maret 2019. Tahap berikutnya telah dilaksanakan tes tahap pertama pada hari Minggu, tanggal 10 Maret 2019 yang dilaksanakan tepat pukul 07.30 sampai selesai. Jumlah peserta yang mengikti tes tahap pertama ini sebanyak 1125 dan sudah memenuhi persyaratan administrasi.  Mereka adalah siswa lulusan MTs dan SMP negeri dan swasta yang datang dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Antusias para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di MAN 2 Kudus tiap tahun tidak pernah surut. Dibuktikan dengan jumlah pendaftar beberapa tahun terakhir tembus angka seribu lebih.

PPDU MAN 2 Kudus dibuka pendaftaran lebih awal berdasarkan rekomendasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang bernomor 2419/Kw.11.2/4/PP.00/022/2019. Menurut keterangan dari hasil wawancara dengan Kepala MAN 2 Kudus, Bapak Drs. H. Shofi, M.Ag. mengatakan bahwa PPDU MAN 2 Kudus dilaksanakan lebih awal dengan harapan mampu menyaring peserta didik yang benar-benar berkualitas. Beliau juga menekankan bahwa pelaksanaan seleksi ini harus dilaksanakan secara jujur, adil, dan berintegritas. MAN 2 Kudus harus memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat dengan baik.

Para peserta bersaing dengan ketat untuk memperebutkan kursi yang tersedia sebagai peserta didik baru  program unggulan MAN 2 Kudus yang hanya diambil 190 yang terbagi dalam jurusan yang berbeda-beda. Kelas BCS sains tahfidz sebanyak 34 peserta didik, kelas BCS Sains Boarding sebanyak 90 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, kelas BCS Sains Nonboarding sebanyak 30 peserta didik, dan Kelas BCS Keagamaan sebanyak 36 peserta didik.

Tes tahap pertama ini, peserta didik mengikuti Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang meliputi mata pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris untuk program BCS Sains dan untuk program BCS keagamaan meliputi mata pelajaran Bahasa Arab, Matematika,  dan Bahasa Inggris.  Selain materi TKDU yang harus dilampaui calon peserta didik adalah Tes Potensi Akademik (TPA). Pelaksanaan TPA ini bekerja sama dengan Tim Dosen Psikologi UNDIP Semarang. Untuk program BCS Sains tahfidz dilaksanakan tes khusus hafalan Alquran.

Pengumuman hasil seleksi tahap pertama ini akan dilaksanakan hari Kamis tanggal 14 Maret 2019 pada pukul 08.00 melalui web http://psb.man2kudus.sch.id. Calon peserta didik yang lolos pada tahap pertama ini wajib mengikuti tes wawancara didampingi orang tua/wali pada hari Minggu tanggal 17 Maret 2019.

 

Jurnalistik MAN 2 Kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *