Membangun dan Mewujudkan Generasi Emas yang Unggul dan Berkompeten dalam bidang Qurani

Ahad, 10 Februari 2019 MAN 2 KUDUS menggelar ajang untuk mengembangkan kreativitas pelajar kelas IX MTs/SMP khususnya dalam bidang Qurani. Ajang bertajuk Festival Cinta Quran ini merupakan penyelenggaraan untuk pertama kalinya. Festival ini diperuntukkan bagi siswa kelas 9 MTs/SMP di wilayah Jawa Tengah.

Ajang dengan tema “Membangun dan Mewujudkan Generasi Emas yang Unggul dan berkompeten dalam bidang Qurani” memiliki tiga cabang lomba diantaranya MTQ (Musabaqah Tilawah al – Quran), MHQ 3 juz (Musabaqah Khifdzi al – Quran) dan MHQ 5 juz (Musabaqah Khifdzi al – Quran).

Acara dimulai dengan penampilan ekstrakurikuler rebana, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu mars MAN 2 Kudus dan hymne madrasah. Kemudian, sambutan dari Drs.H. Shofi M.Ag sekaligus membuka ajang Festival Cinta Quran 2019 yang diadakan di auditorium MAN 2 Kudus. “Kegiatan Festival Cinta Quran ini ditujukan sebagai ajang siswa untuk lebih berkreativitas dalam mengembangkan keagamaan dan mencari bibit – bibit yang berakhlak Islami,” ujar Drs.H. Shofi M.Ag. dalam sambutannya. Selanjutnya, pembacaan do’a dan penutup.

Festival Cinta Quran 2019 ini diikuti oleh kurang lebih 28 peserta yang terbagi dalam beberapa kategori perlombaan, antara lain MTQ, MHQ 3 juz, dan MHQ 5 juz. Tema ini sendiri dipilih karena betapa mulianya Al-quran dan orang – orang yang mengamalkan dan mengajarkan Al qur’an, apalagi di zaman milenial saat ini. Terutama para remaja, harus bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik – baiknya. Salah satunya adalah dengan membiasakan diri membaca dan menghafal Al-quran. Dengan adanya perlombaan ini, diharapkan dapat mencari bibit – bibit yang unggul dalam prestasi dan berakhlak qurani.

Pada puncak acara, dibacakan pengumuman kejuaraan untuk kategori lomba MTQ, MHQ 3 juz ,dan MHQ 5 juz. Berdasarkan tiga perlombaan tersebut, MTs NU Nurul Huda berhasil menjadi juara umum dengan memenangkan dua kategori lomba. Berikut adalah daftar para juara pada ajang Festival Cinta Quran 2019.

JUARA MTQ NAMA ASAL SEKOLAH SCORE
1 Ainun Hisyam Faruq SMP N 2 KUDUS 84
2 Nabila Nailil Muna MTs NU Nurul Huda 83
3 M. Andi Setyawan MTs NU Nurussalam 73
JUARA MHQ 3 JUZ
1 Meilani Putri Salshabila MTs Negeri 1 Jepara 95
2 Muhammad Mulla Shadra MTs Negeri 1 Kudus 91
3 Vina Cholisatunnisa MTs Negeri 1 Grobogan 82
JUARA MHQ 5 JUZ
1 Dini Fitrotun Jamil MTs NU Nurul Huda 93
2 Khoirin Nisa’ MTs NU Al Hidayah 87
3 Saniyyatul Mahsunah MTs Riyadlotut Thalabah 84

 

TIM JFC 19’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *