Desk Evauasi Penilaian Zona Integritas MAN 2 Kudus Menuju WBK dan WBBM oleh Kementerian PANRB

Pelaksanaan  Desk Evaluasi Penilaian Zona Integritas MAN 2 Kudus menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN/RB)  berlangsung di ruang  UPBA (Unit Pengembangan Bahasa Asing) MAN 2 Kudus.

Desk evaluasi yang  berlangsung pada hari Jumat, 12 November 2021, pukul 13.00 sampai dengan 14.30 WIB ini  dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media video conference zoom meeting, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pemaparan hasil pembangunan Zona Integritas disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi , M.Ag dan didampingi oleh Kepala Tata Usaha  Evy Shofana, S.Ag. M.M., Agen Perubahan Saifudin, S.Pd,  wakil kepala madrasah, dan seluruh tim kerja ZI MAN 2 Kudus.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBK yang diselenggarakan oleh Tim Penilai Nasional (TPN). Kegiatan dibuka oleh Tim Penilai Nasional (TPN) yang terdiri dari Tim Kemenpan RB RI dan dipendamping dari Inspektorat Jenderal Kemenag RI dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Dalam acara presentasi, Kepala MAN 2 Kudus Drs. Shofi, M.Ag. memaparkan tentang proses pembangunan Zona Integritas yang meliputi dokumen komponen pengungkit dan komponen hasil serta eviden sebelum dan sesudah penerapan zona integritas.  Pada komponen pengungkit terdiri dari dari 6 Area yaitu: (1) Manajemen Perubahan, (2) Penataan Tata laksana, (3) Sistem Manajemen SDM, (4) Penguatan Pengawasan, (5) Penguatan Akuntabilitas, dan (6) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Presentasi kepala madrasah yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit menjelaskan keadaan riil di MAN 2 Kudus terutama terkait eviden before-after, program dan capaian serta inovasi dari pelaksanaan Zona Integritas.

Setelah melakukan pemaparan dan presentasi capaian Zona Integritas, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh Tim Evaluator Kemenpan RB, lebih khusus pertanyaannya mengarah kepada pelayanan publik dan inovasi-inovasi, baik berupa inovasi aplikasi maupun inovasi manual, serta penggunaan anggaran belanja madrasah.

Alhamdulillah seluruh pertanyaan bisa dijawab oleh kepala madrasah dibantu tim ZI MAN 2 Kudus dengan baik dan lancar. Kegiatan desk evaluasi berlangsung selama 1,5 jam dan diakhiri dengan ucapan rasa syukur karena kegiatan ini bisa berlangsung dengan khidmat dan lancar. Semoga MAN 2 Kudus bisa sukses  menjadi wilayah yang bebas korupsi, gratifikasi, dan mempunyai pelayanan publik yang prima, sukses meraih predikat WBK dan WBBM.

Wartamandaku/12/11/21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *