Siswa MAN 2 Kudus Raih Golden Award International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2021

Delegasi riset siswa MAN 2 Kudus berhasil mencatatkan prestasi dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2021 dan berhasil menyabet Golden Award (medali emas). Mereka adalah para siswa bimbingan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sebelumnya merupakan finalis National Young Inventors Award (NYIA) ke-13, yang diselenggarakan LIPI pada 2020 lalu.⁣

IEYI merupakan pameran internasional tahunan penemuan kreativitas anak muda. Diselenggarakan sejak tahun 2004 sebagai hasil dari pertemuan International Forum of Intellectual Property (IFIP) di Tokyo, Jepang pada bulan November 2003. Tahun ini, IEYI diadakan di Kazan Rusia pada tanggal 1 Juni sampai dengan 1 November 2021.  Namun, sehubungan dengan pandemi Covid-19, Lomba IEYI tahun ini  diselenggarakan  serentak secara online. Ajang IEYI diikuti oleh beberapa puluh negara, diantaranya Rusia, Belaruse, India, Italy, Japan, Singapure, Hongkong, China, Taiwan, Indonesia dan lain-lainnya.

Delegasi MAN 2 Kudus atas nama Ginaris Sekar Arum Pinasti dan Almas Fauziyah (Kelas XII IPA 3) dengan guru pembimbing Widayato, S.Pd. dan Ekadina Dzawil Ulya, SPd berhasil menyabet Golden Award (medali emas) dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2021 dengan judul karya: Detective PenDetective Pen merupakan inovasi baru pena yang ramah lingkungan yang dapat mendeteksi borax, formalin, dan pewarna sintetis dalam makanan dengan mudah dan dapat dibawa kemana saja, serta memiliki harga yang terjangkau.

Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi kedua siswanya yang berhasil meraih Golden Award penghargaan internasional di ajang riset International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2021, serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik, baik tingkat nasional maupun internasional, sekalipun di masa new normal pandemi covid-19 ini.                                                                   

Wartamandaku/5/11/21

5/5 (8)

2 thoughts on “Siswa MAN 2 Kudus Raih Golden Award International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *