Peringatan Maulid Nabi, Hari Santri dan Hari Sumpah Pemuda di MAN 2 Kudus

Kudus-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menghelat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H pada Sabtu 23 Oktober 2021 di Mushola Nurul Iman. Acara yang diprakarsai Ikatan Remaja Mushola Nurul Iman MAN 2 Kudus ini sekaligus juga untuk memperingati hari Santri Nasional dan hari Sumpah Pemuda 2021.

Aacara ini dihadiri para pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Kudus. Mengingat di negara kita sekarang ini sedang terjangkit pandemi covid-19, maka acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta pengajian dites suhu tubuhnya, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak. Jumlah siswa yang hadir dalam acara ini hanya 50 persen saja, sedangkan sisanya mengikuti via daring live streaming youtube .

Acara dimulai dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran, pembacaan Maulid Al Barjanji dan sholawat oleh grup rebana MAN 2 Kudus, menyanyikan lagu Mars Santri, mauidhoh khasanah oleh KH. Ahmad Asnawi  dari Kudus, serta sambutan Kepala MAN 2 Kudus. Acara ini disiarkan secara langsung melalui live streaming Channel resmi Youtube MAN 2 Kudus, sehingga bisa diikuti oleh seluruh siswa secara daring beserta keluarganya  dari rumahnya masing-masing.

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. mengatakan bahwa  kegiatan apapun dan di manapun membutuhkan kesadaran pribadi hati nurani untuk melakukannya, baik dalam beribadah maupun berakhlakhul karimah.  Untuk itu kita harus mencontoh akhlak Rasulullah SAW sebagai uswatun hasanah bagi umat Islam.

Dalam mauidhoh khasanahnya, KH. Ahmad Asnawi menjelaskan tentang pentingnya keteladanan atau uswah seperti yang dicontohkan oleh Pak Kyai kepada santri-santrinya. Perbanyak membaca sirah nabi agar bias meneladani akhlak Nabi dalam kehidupan sehari-hari, bisa lebih dekat dan lebih mencintai Rasulullah Saw. Beliau mengimbau kepada siswa-siswi MAN 2 Kudus dengan semangat Hari Santri dan semangat Sumpah Pemuda untuk tekun menuntut ilmu, berakhlakul kharimah, mencintai dan meneladani sunah-sunah Rasulullah SAW serta memperbanyak membaca sholawat sebagai salah satu bukti kecintaan kita pada Rasulullah SAW.

Acara peringatan Maulid Nabi, hari Santri dan hari Sumpah Pemuda di MAN 2 Kudus ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Ahmad Asnawi. Semoga kita semua bisa mencintai dan dicintai Rasulullah SAW, bisa meneladani akhlak dan sunah-sunahnya, serta memperoleh syafaatnya di yaumil akhir.

Wartamandaku/23/10/2021

5/5 (9)

One thought on “Peringatan Maulid Nabi, Hari Santri dan Hari Sumpah Pemuda di MAN 2 Kudus

  • November 5, 2021 at 07:19
    Permalink

    semoga keluarga besar MAN 2 Kudus mendapat syafaat dari nabi muhammad SAW

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *