MAN 2 Kudus Laksanakan Matsama Secara Daring

Kudus-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus Melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf  Siswa Madrasah atau sering disebut Matsama. Kegiatan matsama ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik baru MAN 2 Kudus. Serangkaian kegiatan matsama tahun pelajaran 2021/2022 di MAN 2 Kudus berlangsung selama 4 hari. Dimulai dari pembekalan matsama dan perkenalan panitia pada hari Sabtu, tanggal 10 Juli 2021. Kemudian dilanjutkan Kegiatan Matsama selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 12 sampai 14 Juli 2021.

            Kegiatan pembekelan Matsama dimulai pada pukul 08.00 WIB melalui media zoom meeting yang diikuti oleh kurang lebih 450 siswa yang terdiri dari peserta didik baru dan panitia kegiatan Matsama. Kegiatan ini diawali dengan pembiasaan keagamaan yaitu doa awal belajar dan asmaul husna bersama, dilanjutkan dengan sambutan oleh Waka Kesiswaan Drs. Hafidzin, S.Pd, Pembina OSIS Tugiyono, S.Pd, ketua panitia Naufal Zaki Nugraha, dan Ketua OSIS  M. Rizqa Salas.

            Pembukaan matsama ini dipimpin oleh kepala MAN 2 Kudus melalui studio MAN 2 Kudus didampingi oleh para wakil kepala, Pembina, dan para siswa perwakilan OSIS. Materi hari pertama yang mereka terima tentang kegiatan belajar mengajar yang disampaikan oleh M. Azhar Latif, ST. selaku wakil kepala bidang kurikulum. Materi kedua tentang Jiwa Kompetitif yang disampaikan Tugiyono, SPd. Disusul materi ukhwah islamiyah, ukhwah basyariyyah, dan ukhwah wathaniyyah oleh Khusnul Aqibah, S.Ag., M.Pd, dan materi produk inovatif  yang disampaikan oleh Faiz Fairuz Zaki selaku Co produk Inovatif. Agar tidak membosankan peserta, panitia memutar beberapa video perkenalan dari guru pengajar di kelas X serta video dari alumni guna lebih mengenalkan MAN 2 Kudus kepada peserta didik baru.

            Kegiatan Matsama hari kedua dimulai sejak pukul 06.30 WIB dengan diawali kegiatan keagamaan. Materi yang pertama tentang sejarah madrasah yang disampaikan oleh Drs. Hafidzin, S.Pd. dilanjutkan materi pendidikan karakter yang disampaikan oleh Widya Hastuti Ningrum, S.Pd. M.Pd. Materi ketiga tentang tata tertib dan organisasi yang disampaikan oleh Herni Mulyandari, S.Pd. Program robotik yang disampaikan oleh pak Widayato, SPd. dan program riset yang disampaikan oleh pak Ardian Awaluddin, S.Pd., M.Si.

             Dalam kegiatan matsama ini juga dikenalkan berbagai pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh seluruh peserta didik. Pengenalan berbagai organsasi siswa, mulai dari OSIS, MPK, dan Ikatan Remaja Musholla Nurul Iman. Osis juga memutarkan berbagai testimony alumni yang sudah sukses bergerak di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan juga dunia kerja dari berbagai profesi para alumni. Ini tentu sangat menambah antusiasme para peserta.

            Matsama ditutup pada hari Rabu tanggal 14 Juli 2021 oleh kepala MAN 2 Kudus, Drs. H.Shofi, M.Ag. dengan pesan ajar peserta didik dapat mengenali, memanfaatkan kesempatan belajar di MAN 2 Kudus secara maksimal. Beliau juga berpesan agar peserta didik pandai dalam bermedia sosial. Memfilter setiap berita yang masuk dan berskap arif dalam mengambil tindakan. Beliau juga memotifasi peserta didik untuk memperkuat kegiatan keagamaan di rumah, giat belajar, dan tetap semangat meskipun dalam sipuasi pembelajaran jarak jauh. Matsama diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Khusnul Aqibah, S.Ag., M.Pd.                                                                                    

Wartamandaku/14/07/21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *