MAN 2 Kudus Terima Studi Banding Riset dari MTsN 1 Kudus

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menerima tamu dari MTs N 1 Kudus untuk studi banding bidang riset pada hari Rabu, 22 April 2021. Rombongan MTs N 1 Kudus tiba di MAN 2 Kudus pukul 08.00 berjumlah 14 dengan berjalan kaki karena lokasinya berdekatan dengan MAN 2 Kudus. Rombongan disambut oleh Kepala MAN 2 Kudus beserta tim Riset di ruang Unit Pengembangan Bahasa Asing (UPBA). Kunjungan dari madrasah dipimpin langsung oleh Kepala MTs N 1 Kudus.

                Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Kudus, Shofi, menyambut baik kehadiran studi banding dari madrasah tetangga ini. “Sebagai madrasah yang berdekatan saya berharap MTsN 1 Kudus bisa menjadi madrasah mitra karena siswa-siswi  yang bagus dari MTsN 1 Kudus bisa menjadi embrio  siswa-siswa berprstasi di MAN 2 Kudus.  Untuk itu perlu dibentuk Forum Grup Discusion (FGD) yang aktif antara MTsN 1 Kudus demgan MAN 2 Kudus agar bisa maju bareng-bareng meraih prestasi, sehingga madrasah menjadi pilihan terbaik masyarakat dalam mendidik putra-putrinya” tandasnya.

            Kepala MTsN 1 Kudus, M. Taufiq Hidayat, dalam sambutannya menyampaikan tujuan studi banding adalah ingin bersilaturahim dan  ingin belajar  serta melihat lebih dekat bidang riset di MAN 2 Kudus yang telah menjadi icon nasional madrasah berbasis riset Kementerian Agama. Bermula dari SK Dirjen Pendis tentang madrasah berbasis riset,  yang menunjuk MtsN 1 Kudus sebagai madrasah berbasis riset, maka tim pengembang riset MTsN 1 Kudus merasa perlu belajar tentang madrasah riset, kurikulum madrasah riset dan aplikasi riset di madrasah. Taufiq juga berharap dengan kerjasama di bidang riset ini bisa merealisasikan MTsN 1 Kudus dan MAN 2 Kudus menjadi madrsah terpadu seperti yang diharapkan selama ini.

            Acara selanjutnya adalah pemaparan tentang apa dan bagaimana madrasah riset oleh tim guru riset MAN 2 Kudus yang disampaikan oleh Kepala Bidang Riset MAN 2 Kudus, Ardian Awaludin.  Disampaikan pula contoh-contoh penelitian siswa MAN 2 Kudus yang telah meraih juara dalam even lomba riset baik tingkat nasional maupun internasional. Peserta rombongan dari MTsN 1 Kudus  sangat antusias mengikutinya, berbagai pertanyaan pun terlontar seputar pengembangan riset di madrasah.                                                                             

Wartamandaku/22/04/21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *