MAN 2 Kudus Mengadakan Webinar Young Researcher Team (YOURT)

Kudus – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus mengadakan kegiatan webinar Young Researcher Team (YOURT) untuk meningkatkan keilmuan dan wawasan civitas akademika. Dalam hal ini MAN 2 Kudus bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain seperti LIPI, UNDIP dan BBTPPI untuk menghadirkan narasumber yang ahli dan berkompeten di bidangnya. Kegiatan ini ditujukan untuk para guru dan siswa jurusan IPA dengan menggunakan media zoom meeting. Dengan menyelenggarakan webinar merupakan solusi tepat untuk menyampaikan materi dan informasi di masa pandemi covid-19.
Kegiatan semacam ini bukan pertama kali dilakukan, pada bulan Oktober 2020 ini MAN 2 Kudus telah mengadakan tiga kali kegiatan webinar. Pertama, Webinar Young Researcher Team (YOURT) CAMP 2020 bidang IPA – MAN 2 Kudus “Riset Nanopartikel Tidak Harus Mahal” Nanogold, Nanosilver, Nanobead, Carbon Dots”. Dengan narasumber, Dr. Isnaeni, M.Sc. (Peneliti Madya – Pusat Penelitian Fisika – LIPI) yang berlangsung pada Kamis, 8 Oktober 2020.
Webinar kedua, Young Researcher Team (YOURT) Goes To Lab 2020 bidang IPA – MAN 2 Kudus kunjungan virtual MAN 2 KUDUS di BBTPPI (Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri). Narasumber webinar adalah Kepala BBTPPI Dr. Ali Murtopo S. Dalam webinar ini ada sesi live show (Lab Air, Lab Aneka Komoditi, IPAL BBTPPI) yang bisa disaksikan langsung oleh seluruh peserta webinar yang berlangsung pada Senin, 12 Oktober 2020.
Sedangkan kegiatan webinar ketiga, Webinar MAN 2 Kudus YOURT CAMP 2020 bidang kelautan dengan tema :”Ide Strategis dan Kompetitif Penelitian Kemaritiman” dengan narasumber, Prof. Dr. Ir. Diah Permata Wijayanti, M.Sc. (Departemen Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP). Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 14 Oktober 2020.
Kepala MAN 2 Kudus Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut baik adanya kegiatan webinar ini. Hal ini disampaikan dalam setiap sambutan pada awal kegiatan webinar. Beliau berharap dengan kegiatan webinar ini bisa menjadi motivasi untuk guru dan siswa MAN 2 Kudus dalam mengembangkan keilmuan dan berinovasi riset ilmu pengetahuan. Sehingga MAN 2 Kudus sebagai madrasah berbasis akademik dan riset bisa lebih banyak meraih prestasi di bidang riset baik tingkat nasional maupun internasional.
(Wartamandaku/14/10/20)

5/5 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *