Grup “AFADA” MAN 2 Kudus Lolos 12 Besar Audisi Syiar Anak Negeri 2020

Kudus-Afada MAN 2 Kudus lolos 12 besar nasional melalui ajang lomba Syiar Anak Negeri tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bekerja sama dengan MetroTv. Audisi ini tersebar di berbagai kota di Indonesia, antara lain Surabaya, Semarang, Makassar, Medan, Bandung, dan Banjarmasin. Tahun ini jumlah pendaftar mengalami peningkatan yang luar biasa hingga mencapai 193 grup, sedangkan jumlah peserta yang lolos nasional sebanyak 12 grup. Lomba bergengsi antar madrasah aliyah yang diselenggarakan dalam tiga tahun berturut-turut ini bertujuan untuk menggelorakan syiar Islam melalui kompetensi dakwah, syair, musik dan lagu nasid di kalangan anak muda Indonesia. Program ini diharapkan mampu menjadi wahana bagi generasi muda untuk menyalurkan ilmu agamanya melalui dakwah yang kreatif dan menarik.
Afada MAN 2 Kudus mengikuti audisi melalui kota Semarang dengan jumlah pendaftar 33 grup dan hanya meloloskan 2 grup yaitu Afada MAN 2 Kudus dan Afhsin MAN IC Pekalongan. Sepuluh grup dari kota lain di antaranya, Jeumala Voice MAS Jeumala Amal Pidie, Misykah MAN Bukittinggi, Insanada MAN 2 Kota Bengkulu, Arunika Voice MAN 1 Kabupaten Bandung, Indah Voice MAN 1 Kota Malang, Senyawa MAN Bangkalan, Maezurra Voice MAN Kapuas, Kertas Seni MAN 3 Makassar, Ampera Flores Nasyid MAN Nagekeo NTT, Al Furqon Voice MAN Kota Sorong.
MAN 2 Kudus tahun lalu sudah berhasil menjuarai urutan 3 nasional di tahun 2019 dengan perjuangan yang sangat ekstrem maka tahun ini lebih hati-hati dan selektif dalam pemilihan duta syiar yang akan mewakili MAN 2 Kudus. Seleksi tingkat madrasah dilaksanakan sejak awal bulan Februari yang diselenggarakan oleh OSIS MAN 2 Kudus. Para peserta terlebih dahulu harus menunjukkan bakat dan minatnya di hadapan para juri sesuai kriteria yang dipersyaratkan. Audisi tingkat madrasah menghasilkan 2 grup yang terbentuk yaitu Zahira dan Afada. Akhirnya pada tanggal 11 Agustus 2020 melalui akun instagram resmi penyelenggara, Afada lolos dalam babak 12 besar nasional.
Untuk meraih tiga besar nasional, maka 12 grup masih harus berjuang melewati beberapa babak eliminasi yang akan ditayangkan melalui MetroTv. Untuk mempersiapkan kompetisi selanjutnya masing-masing grup mendapat pendampingan langsung mentor dari MetroTv Jakarta yang dikirim ke daerah. Afada didampingi oleh mentor senior, Era Sugiarso yang sudah mendarat di bandara A. Yani Semarang sejak tanggal 12 Agustus 2020 pukul 15.50. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu karantina peserta dilakukan di Jakarta. Tahun ini karena Indonesia baru menghadapi masa pandemi corona maka peserta dikarantina di madrasah dengan pendampingan satu mentor.
Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi yang diraih oleh Afada. Beliau berharap Afada bisa naik tingkat dari apa yang telah diraih oleh kakaknya “Li Maa” yang tahun lalu berhasil meraih juara 3 Syiar Anak Negeri tahun 2019. Beliau mengharapkan para pelatih merapatkan barisan untuk mempersiapkan latihan intensif menghadapi babak eliminasi berikutnya. Semua fasilitas yang dibutuhkan selama audisi akan dipenuhi untuk mencapai hasil yang maksimal.
Wartahumasmandaku/14/08/20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *