MAN 2 Kudus Perkuat Bahasa Internasional Melalui Tes TOEFL

MAN 2 Kudus bekerja sama dengan UPT Pengembangan Bahasa Internasional  (CILAD) Universitas Sultan Agung Semarang menyelenggarakan Tes TOEFL yang berlangsung pada hari Sabtu, 08 Februari 2020 di MAN 2 Kudus. Jumlah peserta tes tahun ini sebanyak 132 peserta didik dari tiga kelas program Billingual Class System (BCS) dan satu kelas dari program BCS Keagamaan.

Agenda tahunan ini merupakan salah satu program unggulan untuk memperkuat kemampuan bahasa internasional peserta didik program BCS. TOEFL merupakan mata pelajaran muatan lokal yang diberikan ada jam mentoring yang diselenggarakan pada sore hari setelah KBM formal selesai. Mapel TOEFL diberikan pada peserta didik sejak kelas X dan kelas XI yang diujikan tiap tahun oleh tim guru Bahasa Inggris MAN 2 Kudus. Untuk peserta didik kelas XII wajib mengikuti tes TOEFL yang diselenggarakan bekerja sama dengan perguruan tinggi.

Sebagai madrasah yang berbasis riset, MAN 2 Kudus terus mengembangkan inovasi pembelajaran dalam upaya menyiapkan peserta didik yang unggul dan dapat menjawab tantangan zaman. Mengasah kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk pengembangan semua bidang keilmuan yang bertaraf internasional.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. berharap melalui tes TOEFL ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Kudus kususnya penguasaan kompetensi bahasa Internasional peserta didik. Selain itu, peserta didik dapat memanfaatkan sertifikat TOEFL yang diperoleh untuk keperluan administrasi pendukung pengajuan beasiswa di perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

(Wartamandaku@Widya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *