Mahasiswa PPL Hasilkan Modul Daily Conversation

Wartamandaku. Mahasiswa prodi Bahasa Inggris melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN 2 Kudus yang berlangsung mulai tanggal 06 Januari  sampai 03 Maret tahun 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 5 mahasiswa program kelas internasional Fakultas Ilmu Keguruan  Bahasa Inggris IAIN Salatiga, Jawa Tengah.

Para mahasiswa PPL ini selain mencari pengalaman mengajar selama dua bulan lebih di MAN 2 Kudus, mereka juga berperan aktif dalam kegiatan public speaking untuk siswa BCS di kelas unggulan setiap harinya. Mereka membantu siswa dalam menambah kosakata dan melatih keberanian dalam berbicara di depan umum  dalam rangka meningkatkan pengembangan speaking peserta didik. Selain dalam bidang public speaking, peran mahasiswa PPL juga membantu kegiatan ekstrakurikuler, debat bahasa Inggris yang di laksanakan seminggu sekali. Selain itu, mahasiswa PPL membantu persiapan peserta didik yang akan mengikuti lomba  speech, story telling dan reading poem di Universitas Dian Nuswantoro dalm ajang Dinus Fest.

Dari kegiatan PPL tersebut mereka menghasilkan produk berupa modul bahan ajar yang diberi nama Daily Konversation dan public speaking yang kusus digunakan untuk peserta didik Billingual Class System (BCS) boarding dan peserta didik BCS boarding Sains Tahfidz. Hasil produk ini diterimakan langsung kepada Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. Beliau sangat mengapresiasi hasil karya ini karena produk ini akan bermanfaat bagi perkembangan peserta didik, khususnya sebagai sarana mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Harapan ke depan, prestasi ini dapat dicontoh oleh mahasiswa PPL yang bertugas di MAN 2 Kudus dapat menghasilkan produk yang lebih bermanfaat.

(Wartamandaku@Widy2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *