DUA BELAS DUTA OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) MAN 2 KUDUS SIAP BERSAING DI TINGKAT PROVINSI

Direktorat pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara konsisten terus mengembangkan program pembinaan olah piker peserta didik melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN). Ajang prestasi di bidang sains ini selain diselenggarakan pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan komprtensi sains, teknologi, dan matematika, juga untuk menumbuhkan karakter peserta didik yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air. OSN dilaksanakan melalui tiga tahapan seleksi. Siswa harus melampaui tahapan Olimpiade Sains Kabupaten (OSK), bila olos tahap ini peserta didik berhak tahap Olimpiade Sains Provinsi (OSP), dan tahap ke tiga masuk seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN). Penyelenggaraan OSN tahun 2019 ini juga merupakan tahapan untuk menyeleksi siswa yang akan dipersiapkan Indonesia pada ajang Olimpiade Sains Internasional tahun 2020.

Kabupaten Kudus telah melaksanakan tahapan OSK pada tanggal 27 Maret 2019 di SMA I Gebog. Man 2 Kudus telah mempersiapkan secara intensif melalui latihan-latihan dan pembimbingan kepada para peserta didik yang dibidik sebagai duta OSN. MAN 2 Kudus mengirimkan peserta didik sebanyak 27 untuk mengikuti 9 bidang keilmuan, yakni bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Berdasarkan pengumuman hasil seleksi OSK di Kabupaten Kudus, peserta dari MAN 2 Kudus lolos OSP sebanyak 12 siswa. Cabang yang lolos OSP kali ini adalah Kimia yang diraih oleh Ahmad Ibnu Fahlan. Cabang Fisika oleh Haidar Akbar A.P, Sagita Widyastuti, M. Dzulfikar Azwar A. Cabang Matematika oleh Anggun Fadhila R. Cabang Ekonomi oleh Ahmad Ziyan F.M. Cabang Biologi oleh Anindya Syfa N dan Ken Maharani P. Cabang Komputer oleh Nabil Mahasin dan Ade Rifky S. Cabang Kebumian oleh M. Rizqi Adriyanto dan cabang Geografi oleh Auliya Syafira.

Kepala MAN 2 Kudus, Bapak Drs. H Shofi, M.Ag. memfasilitasi keperluan pembimbingan dan para pembimbing akan mempersiapkan selelsi OSP dengan baik. Target ke depan, OSN kali ini kita bisa mendulang kemenangan kembali di tingkat nasional seperti cabang biologi tahun lalu, dan semoga meningkat sampai di ajang olimpiade sains internasiona 2020.

 

Jurnalistik MAN 2 Kudus

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *