JFC MAN 2 KUDUS- Ahad (28/10) Kabupaten Kudus melaksanakan parade santri yang merupakan puncak acara dari peringatan hari santri di Kabupaten Kudus. Parade santri adalah iring-iringan atau pawai yang diikuti para santri. Parade santri ini dimulai pukul 07:00 WIB dengan upacara pembukaan di alun-alun Kudus. Jumlah peserta pada kegiatan ini kurang lebih 4000 santri. Peserta parade santri 2018 adalah para santri dari pondok pesantren dan beberapa sekolah di Kabupaten Kudus, seperti TBS Kudus, Mualimat, SMK NU Maarif, MA NU Banat Kudus.
Setelah kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kudus, acara dimeriahkan oleh marching band SMA Al Ma’ruf. Dalam acara pembukaan ini, semua peserta parade santri menyanyikan mars santri dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai penanda dibukanya parade santri 2018.
Setelah serangkaian acara pembukaan dilaksanakan, dilanjutkan dengan pemberangkatan peserta parade santri sesuai urutan yang telah ditentukan panitia. Rute dimulai dari alun alun Kabupaten Kudus, dilanjutkan ke selatan di Jalan Ahmad Yani dan kea rah barat ke Jalan KH. Wahid Hasyim , selanjutnya ke Jalan Sunan Kudus dan kembali lagi di alun alun Kabupaten Kudus. Selama parade santri, peserta diwajibkan menampilkan yel-yel dari masing-masing sekolah, dan panitia akan memberikan peniliaian. Setelah parade, diadakan pembagian hadiah kepada peserta dengan yel-yel termeriah. Peserta parade santri sangat antusias mengikuti acara ini, dengan memakai pakaian ala santri seperti sarung, ikat kudus, dan ada yang memakai almamater asal sekolah atau pondok pesantren masing masing.
Dengan adanya acara parade santri tahun 2018, diharapkan dapat menambah keakraban antar santri, mempererat ukhuwah dan menjaga silaturrahmi antar santri di Kabupaten Kudus.

JFC ’18

Leave a Comment