MAN 2 Kudus – Senin (22/10), Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus kembali mengadakan apel dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Apel ini dimulai pada pukul 07.00 WIB bertempat di lapangan MAN 2 Kudus yang diikui oleh seluruh siswa-siswi dan para tenaga kependidikan MAN 2 Kudus. Adapun petugas apel adalah Pasukan Bela Negara MAN 2 Kudus dan Pembina apel Bapak Rukiman, S.Pd.
Ada yang berbeda dari apel tahun ini, perbedaan itu terlihat pada busana yang dikenakan oleh para peserta apel. Busana itu meliputi gamis bagi para siswi dan koko putih yang dipadukan dengan sarung bagi para siswa. Selain itu, siswa putra yang biasanya mengenakan peci sebagai penutup kepalanya, kali ini mengenakan ikat kepala khas Kudus atau yang sering disebut dengan iket.
Di tengah acara apel, ekstrakurikuler paduan suara MAN 2 Kudus menunjukkan aksinya dengan menyanyikan lagu Yaa Asyiqol Musthafa untuk turut serta dalam memeriahkan Hari Santri Nasional ini. Setelah itu, apel dilanjutkan dengan penyampaian amanat oleh pembina apel.
Dalam amanatnya, Bapak Rukiman selaku pembina apel menyampaikan beberapa hal di depan peserta apel. Di antaranya, beliau mengapresiasi busana yang dikenakan oleh para siswa dan disambung dengan penjelasan beliau mengenai filosofi iket Kudus. Sebagai penutup, beliau berpesan agar para siswa dapat memberi kesan bahwa santri adalah sosok yang bijaksana.
Apel berjalan dengan lancar dan ditutup dengan gema simfoni yang kembali dilantunkan oleh ekstrakurikuler paduan suara MAN 2 Kudus dengan judul Yaa Maulana. Bersama dengan iringan merdu dari ekstrakurikuler paduan suara, peserta apel mulai dibubarkan. Semoga dengan diadakannya peringatan Hari Santri Nasional ini, diharap dapat menambah antusiasme siswa-siswi MAN 2 Kudus untuk menjadi santri yang lebih baik kedepannya.

 

JFC’18

Leave a Comment