Bersama Santri Damailah Negeri

Senin, 22 Oktober 2018 telah dilaksanakan apel dalam rangka peringatan hari santri nasional di alun-alun Kudus. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dan dipimpin langsung oleh Bupati Kudus, Muhammad Tamzil. Apel diikuti oleh ribuan santriwan santriwati Kudus dengan mengenakan seragam dari madrasah asal maupun dari pondok pesantren masing-masing. MAN 2 Kudus juga mengirimkan 100 orang santri untuk mengikuti apelini. Bebarapa instansi pemerintahan di bawah naungan Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama Kabupaten Kudus terlihat ikut berpartisipasi dalam apel bersama dengan beberapa tamu undangan pemerintah.

Apel dimulai dengan penampilan drum band dari SMA NU Al-Ma’ruf. Setelahnya, dilaksanakan pembacaan UUD 1945 yang kemudian disambung dengan pembacaan ikrar santri dan dilanjutkan dengan sambutan dari bupati Kudus. Apel ditutup dengan do’a oleh Ketua MUI Kudus, K.H. Ahmad Hamdani, dan penampilan kembali dari drumb band SMA NU Al-Ma’ruf dengan lagu Yalal Wathan.

Setelah apel selesai, foto bersama dan wawancara dengan Bupati Kudus dilangsungkan. Pendapat Bapak Bupati mengenai hari santri saat diwawancarai oleh MAN 2 Kudus adalah bahwa beliau merasa gembira karena ormas pemuda menyambut baik hari santri ini. Beliau juga berkata bahwa tahun depan kegiatan hari santri akan dikemas dengan maksimal. Selain itu, Bapak Bupati Kudus juga mempunyai rancangan program untuk meningkatkan kualitas santri menjadi santri yang kreatif dan inovatif yakni program 500 wirausaha muda. Beliau berharap kepada para santri, khususnya santri Kudus, agar dapat meperlihatkan perilaku baik sesuai agama Islam sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

Peringatan hari santri nasional tahun ini mengusung tema Bersama Santri Damailah Negeri. Dengan tema tersebut, rangkaian acara yang diadakan oleh pemerintah tahun ini pun berbeda dengan tahun kemarin. Beberapa acara yang dilaksanakan yakni festival sholawat nusantara, seminar kebangsaan pesantren Indonesia, khotmil Quran, haul akbar al-khidmah, halaqah santri, kirab satu negeri, apel peringatan hari santri, dan santri bershalawat yang dilaksanakan sejak tanggal 9 September sampai dengan tanggal 25 Oktober 2018. Puncak dari rangkaian acara tersebut adalah parade santri dan pemberian beasiswa untuk santri pada tanggal 28 Oktober 2018.

Tim JFC ‘18

5/5 (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *