Masa Taaruf Siswa Madrasah atau MATSAMA merupakan agenda rutin tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik baru MAN 2 Kudus. Kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah ini bertempat di auditorium MAN 2 Kudus. Acara yang dipandu oleh pengurus OSIS dan MPK MAN 2 Kudus ini berlangsung selama 3 hari yakni tanggal 16,17,dan 18 Juli 2018. Kegiatan MATSAMA ini diawali dengan Opening Ceremony dan Halal bi Halal. Setelah dipaparkan materi tentang membangun karakter siswa dilanjutkan dengan istirahat dan shalat Dhuha. Pada pukul 09.35 WIB disampaikan pula materi tentang Wawasan Kemadrasahan, Implementasi PAI di Madrasah, dan Madrasah Entrepreunership oleh Bapak Saefuddin,S.Pd, dan Bapak Moch. Chumaidi,S.Pd.

Pada hari kedua Masa Taaruf Siswa Madrasah Selasa, 17 Juli 2018 kegiatan dimulai dengan tadarus Al-Quran yang dilaksanakan dikelas masing-masing. Pada pukul 07.45 disampaikan materi seputar MAN 2 Kudus meliputi; Kurikulum MAN 2 Kudus, Bimbingan Konseling Hak dan Kewajiban Anak, serta Madrasah Berbasis Riset. Pada puncak acara hari kedua MATSAMA diadakan kompetisi produk inovatif oleh peserta didik baru MAN 2 Kudus.

Dihari terakhir pelaksanaan MATSAMA di awali dengan pembuatan koreografi MATSAMA yang dilaksanakan di lapangan MAN 2 Kudus dan di lanjutkan dengan senam aerobik. Kegiatan dilanjutkan dengan disampaikannya materi oleh Bapak Mas Bukhori, M.P.Fis mengenai Wawasan Lingkungan Pendidikan Madrasah. Setelah istirahat dilanjutkan dengan game dari panitia pelaksana MATSAMA. Dan kegiatan ini diakhiri dengan eksplor ekstrakurikuler serta penutup. Semoga dengan adanya kegiatan rutin tahunan yang deselenggarakan oleh MAN 2 Kudus ini, dapat menambah wawasan peserta didik baru serta menambah keakraban antar siswa.

 

 

JFC ‘18

Leave a Comment