Standar Operasional Prosedur PTSP

Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) MAN 2 Kudus
Latar Belakang

Reformasi ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola pemerintahan yang baik yang mensyaratkan
adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan
publik. Ditambah lagi dengan adanya modernisasi teknologi informasi dan komunikasi memberikan
keleluasaan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan
cepat. Dengan keadaan tersebut, pemerintah dituntut untuk membuka diri kepada masyarakat untuk
memberikan informasiinformasi dan kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses darimana
saja. Dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka
pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada
masyarakat. Terkait dengan itu, MAN 2 KUDUS menetapkan Standar Operasional Prosedur layanan
informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.

Dasar Hukum
  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008tentang
    Keterbukaan Informasi Publik
  2. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 109 Tahun
    2017 tentang standar pelayanan pada Kementerian Agama
Maksud dan Tujuan

Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Informasi Publik ini sebagai
acuan mengenai ruang lingkup, tanggungjawab dan wewenang MAN 2
Kudus dalam penyediaan informasi melalui mekanisme pelaksanaan
kegiatan Pelayanan Informasi Publik

Standar Operasional Prosedur (SOP) ini bertujuan untuk ;

  1. Mendorong terwujudnya implementasi Undang-Undang Keterbukaan
    Informasi Publik secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi
    yang berkualitas dapat terpenuhi dengan baik.
  2. Memberikan standar MAN 2 Kudus dalam melaksanakan Pelayanan
    Informasi Publik.
  3. Meningkatkan pelayanan informasi publik dilingkungan MAN 2 Kudus.
Maklumat Pelayanan
  1. Siap melayani dengan SMART (Senyum, Mudah, Amanah, Ramah dan Transparan)
    sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan
  2. Berorientasi pada kepuasan pengguna layanan
  3. Berpegang teguh pada Standar Operasional Prosedur (SOP)
  4. Apabila tidak melaksanakan maklumat pelayanan, kami siap menerima sanksi
    sesuai dengan peraturan yang berlaku
Desk Layanan Informasi Publik

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna
informasi publik, MAN 2 Kudus memberikan layanan langsung melalui desk layanan
informasi publik di Kantor MAN 2 Kudus Prambatan Kidul, Kaliwungu, Kudus. Selain itu
MAN 2 Kudus juga memberikan layanan tidak langsung melalui media antara lain

  • telepon (0291) 431184
  • Fax. (0291) 431184
  • Email : manduakudus@gmail.com