Senin, 19 Februari 2018 telah dilaksanakan upacara penerimaan juara duta antinarkoba Jawa Tengah tahun 2018. Upacara ini bertempat di lapangan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan dipimpin langsung Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, yakni Bapak Drs. H. Farhani, S.H. M.M. Dalam upacara penerimaan juara duta antinarkoba ini diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara Kanwil Jawa Tengah, finalis dua besar duta muda antinarkoba dan para siswa hebat dari MAN 2 Kudus, yakni juara 1 Seameo Game Network Competition      Se-Asia Tenggara yang tergabung dalam The Swallow Team yang terdiri dari Amik Rafly Azmi Ulya, Umar Said Gunawarman, dan Muhammad Abdul Majid. Tak hanya mereka, Drifarrosa Aisy dan Maziya Rohma sebagai Best Presentation Event Follow-on Project dalam Program Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat, IYLP (Indonesia Youth Leadership Program) juga hadir dalam upacara ini.

Gerakan Nasional Antinarkoba telah melaksanakan seleksi hingga dua tahap yang bertempat di Masjid Agung Jawa Tengah. Seleksi dimulai pada tanggal 12 Februari dan puncaknya pada tanggal 14 Februari 2018. MAN 2 Kudus mengirimkan 10 siswa yang bersaing dengan 342 peserta lainnya. Mereka adalah Mayuna Malikh Nurlestari (XI MIA 6), Izzadheva Ratu H. (XI IIK), Alditta Khairunnisa (XI IIB), Dhevi Alfiana (XI MIA 4), Adinda Syifa (X MIA 6), Haidar Syauqi Adnan (XII IIK), Ainul Yaqin (XI MIA 4), Fathur Rizki (XI IIK), Bagus Santoso (XII IIB 2), dan Nanan Na’imuddin (X IIK).

Setelah melewati beberapa tahap, delegasi dari MAN 2 Kudus yang berhasil lolos menuju 25 besar, yakni Mayuna Malikh dan Ainul Yaqin. Bersaing melawan peserta di Jawa Tengah, akhirnya terpilihlah Mayuna sebagai salah satu finalis 8 besar. 14 Februari 2018 menjadi tanggal yang bersejarah bagi finalis duta muda antinarkoba Jawa Tengah. Setelah menjawab pertanyaan dari para juri dan beradu pendapat secara live di TVKU, maka diraihlah juara sebagai berikut:

  1. Meina Tri K. (MAN Kendal) meraih juara I
  2. Mayuna Malikh Nurlestari (MAN 2 Kudus) dan Nugroho Rosman P (MAN 1 Semarang) meraih juara II
  3. Aisyah Chusnul J. (Universitas Diponegoro) meraih juara III
  4. Faizal Aditya (Universitas Semarang) meraih juara harapan I
  5. Arina Nurrohman (UPGRIS) meraih juara harapan II
  6. Dewangga (SMA N 3 Semarang) dan Dikka Prasetya (SMK 7 Semarang) meraih juara harapan III

 

Selamat kepada duta muda antinarkoba. Dengan adanya duta antinarkoba ini diharapkan tingkat penggunaan narkoba dapat berkurang, menuju masa depan yang lebih baik, dan menjadikan generasi muda lebih berguna. Selamat untuk Drifarrosa dan Maziya yang menjadi Best Presentation, serta The Swallow Team yang berhasil menorehkan prestasi di tingkat Internasional.

 

Tim JFC’17

Leave a Comment