Tes TOEFL di MAN 2 Kudus

TOEFL, kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), merupakan test yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Test ini ditujukan bagi orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Umumnya, test ini digunakan sebagai salah satu prasyarat bagi seseorang yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di suatu negara yang menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikas sehari-hari. Selain TOEFL, masih ada beberapa jenis test lain yang hampir sama, yaitu IELTS, TOEIC dan ESOL. TOEFL dikembangkan dan dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di New Jersey, USA. Test ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963.

Pada awalnya, TOEFL memang digunakan untuk mereka yang ingin melanjutkan studi, mengajukan beasiswa atau bekerja di negara lain yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Seiring perkembangan jaman, test ini semakin berkembang dan menjadi salah satu prasyarat penting dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di Indonesia, test ini mulai digunakan oleh beberapa universitas terkemuka sebagai salah satu syarat masuk serta syarat untuk bisa menjalani ujian skripsi, desertasi atau tesis. Beberapa perusahaan juga menjadikan TOEFL test sebagai prasyarat untuk melamar pekerjaan. Bahkan, test ini juga digunakan untuk mendapatkan promosi kenaikan jabatan dalam pekerjaan.

Saat ini ada 3 macam test TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS, yaitu PBT (Paper Based Test) TOEFL, CBT (Computer Based Test) TOEFL dan iBT (internet Based Test) TOEFL. Dari tiga tipe ini, yang sering digunakan adalah PBT dan iBT.

PBT merupakan bentuk TOEFL Test yang menggunakan lembar jawaban berupa kertas dan menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer). Ini merupakan sistem test pertama yang dikeluarkan oleh ETS. Dalam PBT, test yang dilakukan meliputi 140 soal pilihan ganda yang terdiri dari 50 soal Listening Comprehension, 40 soal Structure and Written Expressions dan 50 soal Reading Comprehension. Rentangan skor yang diberikan adalah 310-677. Selain itu, waktu yang diberikan untuk mengerjakan test ini sekitar 2-2,5 jam. Bentuk TOEFL inilah yang akan di adopsi dalam pembelajaran mata pelajaran TOEFL di MAN 2 Kudus.

Berdasarkan urgensi TOEFL diatas, MAN 2 Kudus yang sudah menggunakan Kurikulum K13 secara keseluruhan di tingkatan kelasnya, memasukkan konsep pengenalan TOEFL sejak dini kepada peserta didiknya melalui mata pelajaran keunggulan, yang dipelajarai dikelas X dan XI program MIA (Matematika Ilmu Aalam), IIS (Ilmu-Ilmu Sosial), dan IIK (Ilmu-Ilmu Keagamaan).

Pada Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Tahun Pelajaran 2015/2016 ini, telah dilaksanakan test TOEFL-LIKE sebagai bahan evaluasi pembelajaran mapel TOEFL di MAN 2 Kudus. Sejumlah 764 peserta didik mengikuti test TOEFL-LIKE ini yang terdiri dari 396 siswa-siswi dari kelas X dan 368 siswa-siswi dari kelas XI.

One thought on “Tes TOEFL di MAN 2 Kudus

  • August 22, 2020 at 16:24
    Permalink

    Assalamualaikum, untuk score dari tes toefl ini apa masih ada? bolehkah saya meminta file nya
    Terima Kasih
    Wassalamu’alaikum..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *